Palangka Raya

GERMAS, Perkuat Kepedulian Akan Pentingnya Kesehatan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus mendorong agar masyarakat membangun pola hidup sehat, menjaga produktifitas hidup, dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Salah satu perwujudan dari upaya membangun pola hidup sehat itu yakni melalui program yang dinamai gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

,Asisten I Setda Kota Palangka Raya Murni D. Djinu, mengatakan, pencanangan Germas Kota Palangka Raya adalah sebagai upaya mendorong masyarakat untuk selalu peduli akan kesehatan dalam keluarga.

“Dinas terkait sebagai stakeholder dan barometer dalam pelaksanaan germas ini harus mampu melaksanakannya secara berkelanjutan,”kata Murni membacakan sambutan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin saat acara pencangangan Germas di halaman Balai Kota Palangka Raya, Jum’at (16/11/2018).

Disampaikan, masyarakat saat ini tengah menghadapi masalah kesehatan yang beragam.Mulai dari berbagai ragam penyakit. Seperti penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tak menular (PTM) dan penyakit-penyakit lainnya, karena itu harus menjadi perhatian bersama.

“Oleh sebab itu, dengan Germas ini adalah sebagai salah satu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama seluruh komponen bangsa, guna mewujudkan kesadaran, meningkatkan kualitas hidup,”paparnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pencanangan Germas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya, Dewi Rama Dewa menjelaskan, pihaknya bersama-sama dengan Perangkat Daerah (PD) terkait telah membentuk forum komunikasi lintas sektor untuk mengkomunikasi Germas tersebut.

“Pencanangan Germas ini adalah awal untuk menuju hidup sehat dan untuk kualitas hidup yang terjaga,”terangnya.

Disampaikan pula, dalam pencanangan Germas ini melibatkan berbagai OPD untuk melakukan sejumlah kegiatan. Seperti senam sehat, pemeriksaan PTM, pengecekan gula darah, tekanan darah tinggi, dan imunisasi MR bagi para peserta didik yang di bawah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *