HeadlineKalimantan Tengah

Kalteng Berpeluang Dapat Penghargaan Adibahasa

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM – Kalimantan Tengah selaku daerah yang masih berkembang dinilai masih berpeluang mendapatkan penghargaan Adibahasa dari Badan Bahasa Nasional sebagai daerah yang ramah terhadap pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah I Wayan Tama mengatakan, penghargaan Adibahasa itu tidak menutup kemungkinan dapat diraih Provinsi Kaleng asalkan semua pihak bisa saling bekerjasama.
Menurut mantan Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali ini, ada beberapa kriteria dalam penilaian penghargaan Adibahasa. Di antaranya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di ruang-ruang publik, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar oleh pejabat publik dan lembaga publik lainnya.
“Oleh karena itu media massa selaku ujung tombak mempunyai peran penting dan strategis untuk memberikan pembelajaran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Wayan.
Selain itu ia menegaskan jika media massa juga mempunyai tanggung jawab untuk mengangkat maruah bahasa Indonesia baik di tingkat lokal, nasional bahkan di tingkat internasional.
Sementara itu Ketua Panitia Forum Diskusi Terpumpun pada Media Massa, Muston Sitohang mengatakan, Forum Diskusi Terpumpun se Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu (28/11/2018) merupakan kali ketiga bersama awak media untuk tahun 2018.
“Ini merupakan kegiatan yang ketiga dari Balai Bahasa Provinsi Kalteng. Sebelumnya kita telah menyelenggarakan diskusi terpumpun, penyuluhan bahasa dan yang ketiga ini berupa forum diskusi terpumpun,” kata Mustan. (ir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *