Katingan

Kemunculan Buaya Resahkan Masyarakat

BUAYA : Warga di UPT Katingan I Kecamatan Katingan Kuala kerap melihat penampakan buaya di sungai primer (anak Sungai Katingan). Buaya diperkirakan lebih dari satu dengan berbagai ukuran, Sabtu (3/11).

KASONGAN ,GERAKKALTENG.COM- Warga Desa Jaya Makmur Kecamatan Katingan Kuala mreesahkan munculnya buaya yang kerap berkeliaran di sungai primer (anak Sungai Katingan) wilayah unit permukiman transmigrasi (UPT) Katingan I.

Berdasarkan informasi warga, buaya itu memiliki beragam ukuran, mulai anakan hingga panjang sekitar empat meter. Warnanya terlihat berwarna kekuning-kuningan dan sering terlihat saat air sedang surut.

Warga Desa Jaya Makmur Muklis Irawanto menuturkan, bibinya kerap melihat langsung penampakan buaya tersebut ketika berjualan sayur melalui sungai primer tersebut ke Pegatan ibukota Kecamatan Katingan Kuala.

“Buaya itu cukup panjang dan saat ini membuat warga menjadi resah. Mereka takut untuk melakukan aktivitas di sungai, padahal sungai menjadi kebutuhan penting warga, baik mandi, mencuci, dan aktivitas lain,” ungkapnya, Sabtu (3/11).

Dirinya berharap, keberadaan buaya yang saat ini sering terlihat warga di sungai itu cepat diamankan oleh pihak berwenang, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jangan sampai buaya ini memakan korban terlebih dahulu baru ada tindakan,” tegas Muklis.

Kepala Desa Jaya Makmur Ahmad Wahyudi membenarkan kemunculan predator itu di wilayah hukumnya. Bahkan menurut keterangan warga lain, keberadaan reptil di sungai primer tidak hanya satu.

“Informasi warga yang mengaku melihat, katanya ada beberapa buaya lain yang juga berkeliaran. Kami sudah melakukan imbauan langsung kepada warga agar berhati-hati melakukan aktivitas di sungai,” jelas Wahyudi.

Kemunculan buaya tidak hanya di Desa Jaya Makmur, namun juga terjadi di sungai wilayah Desa Singam Raya.

“Kami berharap pihak terkait cepat turun tangan mengamankan buaya itu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena warga takut diserang dan menjadi korban,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *