Kalimantan Tengah

Padam Total, Tower SUTT Kelampangan Roboh

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan di Kalimantan Tengah dikarenakan pada Jumat (02/10) pukul 00.28 WIB, Satu Tower Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt yang berlokasi di Jalan Mahir Mahar arah Kelampangan Kota Palangka Raya, roboh.

Dampak dari musibah tersebut menyebabkan Sistem Interkoneksi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terputus. Beberapa Gardu Induk (GI) yakni GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit dan GI Bagendang padam, sehingga suplai listrik ke pelanggan saat ini terputus. Suplai listrik untuk wilayah tersebut mengalami kehilangan daya sebesar 63 Mega Watt (MW).

Demikian diungkapkan, Manager Komunikasi Unit Induk Wilayah Kalselteng, M. Yusfiansyah, Jumat (02/10/2018).

Lebih lanjut, M. Yusfiansyah mengatakan upaya pemulihan yang dilakukan PLN Kalselteng adalah dengan mendirikan Tower Darurat yang akan digunakan sebagai pengganti SUTT 150 kV yang roboh. Saat ini petugas kami sedang dalam tahap proses mobilisasi material ke lokasi.

Sementara Sistem Interkoneksi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terputus, suplai listrik untuk Kota Palangka Raya dan sekitarnya mengandalkan PLTD Kahayan dan PLTD Baamang dengan total daya 17,5 MW.

“Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar upaya kami dalam mendirikan Tower Darurat dapat berjalan lancar, sehingga suplai listrik ke pelanggan di Kalimantan Tengah kembali normal,” imbaunya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *