DPRD Kota Palangka Raya

Pengentasan Kemiskinan Diperlukan Sinergitas

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Salah satu bagian dari visi dan misi Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya adalah pengetasan kemiskinan.

Namun agar upaya tersebut dapat dilakukan secara optimal, maka pemerintah kota tidak bisa bekerja sendiri, akan tetapi harus ada sinergritas dengan banyak pihak.

Ungkapkan itu disampaikan Asisten II Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, pada kegiatan seminar akhir kajian kriteria kemiskinan rumah tangga di Kota Palangka Raya, di ruang Peteng Karuhei (PK) I, Kantor Wali Kota Palangka Raya Kamis (15/11/2018).

Kata Ikhwansyah, membahas permasalahan kriteria kemiskinan, memang masih ada terdapat berbagai perbedaan. Terutama dalam pengukuran indikator miskin yang dilakukan berbagai pihak. Oleh sebab itu untuk menentukan kriteria kemiskinan perlu diterapkan melalui berbagai pendekatan kebutuhan dasar.

“Ketidakmampuan seseorang memenuhi kebutuhan dasar
Lalu dari segi pengeluaran per kapita per bulan, juga menjadi salah satu variable yang akan dibandingkan dengan besarnya nilai garis kemiskinan,”jelasnya.

Tidak hanya itu saja kata Ikhwansyah, kriteria kemiskinan juga dapat ditandai dengan sisi laim.Seperti tidak adanya kesempatan mencapai standar hidup tertentu.Semisalkan, kecukupan pangan, kesehatan, keterlibatan dengan lingkungan sosial, penghargaan masyarakat serta pendidikan yang memadai.

Perlu diketahui kata Ikhwansyah, Kota Palangka Raya memiliki tiga wajah. Yakni wajah perkotaan, wajah pedesaan dan wajah hutan, sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi pemerintah kota Palangka Raya dalam hal pengentasan kemiskinan termasuk pembangunan kota.

“Melalui kajian kriteria kemiskinan rumah tangga di Kota Palangka Raya, maka diharapkan hasilnya nanti dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan dalam mengimplementasikan berbagai program pengetasan kemiskinan,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!