Kalimantan Tengah

PLN Langsung Dirikan Tower Darurat

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Mengantisipasi robohnya tower transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang berada di Jalan Mahir Mahar Kelampangan, Jumat (02/11/2018) dini hari lalu, pihak PLN langsung mendirikan tower darurat.

Hal tersebut dilakukan setelah pengecekan secara langsung ke lapangan, PLN memutuskan mendirikan 3 (tiga) tower darurat sebagai pengganti sementara tower transmisi SUTT 150 kV No. 320 yang roboh.

“Tiga tower darurat akan kami bangun di lokasi robohnya tower No. 320. Memang yang roboh hanya satu tower, namun karena tekanan kabel konduktor tower No. 320 saat roboh, penyangga kabel konduktor di tower No. 319 dan No. 321 ikut mengalami kerusakan, walaupun tidak sampai roboh,” ujar Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng, M. Yusfiansyah, Jumat (02/11/2018).

Yusfi menerangkan, seluruh personil, peralatan dan material tower darurat saat ini telah berada di lokasi dan siap untuk langsung di rakit. Untuk petugas sendiri, PLN mengirimkan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sebanyak lebih dari 30 orang yang akan bekerja siang dan malam.

Selama pekerjaan pembangunan tower darurat, untuk sementara waktu sistem interkoneksi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terputus, sehingga suplai listrik untuk kota Palangka Raya, Kasongan dan Sampit kehilangan daya sekitar 63 Mega Watt (MW).

“Kami memohon maaf kepada masyarakat, dampak dari musibah ini dengan sangat terpaksa kami harus melakukan pemadaman bergilir. Kami akan terus berupaya untuk segera memulihkan suplai listrik dengan percepatan pembangunan tower darurat,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Said Ismail mengunjungi lokasi robohnya tower SUTT 150 kV. Ia berharap PLN dapat bekerja cepat untuk dapat memulihkan kondisi kelistrikan.

Setelah melihat langsung kondisi di lapangan, Wagub menghimbau kepada seluruh pihak untuk bersinergi dan memberi dukungan kepada PLN untuk memulihkan suplai listrik.

“Dari malam sampai sekarang petugas PLN sudah bekerja tanpa henti, mohon dukungan dari masyarakat dan stop hujat- menghujat,” tegas Wagub.

Untuk informasi progres pemulihan kelistrikan, PLN akan berupaya menyampaikan secara langsung melalui media sosial yang dapat diakses masyarakat di alamat Instagram : @pln.kalselteng.

“Kami mohon dukungan dan doanya, agar pekerjaan mendirikan tower darurat dapat berjalan lancar selama 3 (tiga) hari kedepan,” ujar M. Yusfiansyah menambahkan. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *