DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Program Harus Diimbangi dengan Anggaran

Ketua DPRD Pulpis H Maruadi menandatangani tuntutan mahasiswa yang disuarakan dalam aksi demo

PULANG PISAU,GERAKKALTENG.COM – Ketua DPRD Pulpis Maruadi mengatakan, anggaran 2019 kedepan pihaknya berharap kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk dapat membuat program yang bisa menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat.
Tentu hal tersebut harus diimbangi dan dibarengi dengan dukungan anggaran dan dana yang tersedia di daerah, sehingga program-program yang dibuat bisa berjalan sesuai dengan rencana.
“Kita lihat dulu nanti anggarannya berapa dan inovasi dari masing-masing SOPD yang diajukan bisa menyentuh langsung ke masyarakat. Misalnya, untuk pendidikan saja anggaran yang harus dipenuhi 20 persen dari anggaran yang ada, makanya kita lihat dulu anggaran yang ada,” ucap Maruadi.
Ia menjelaskan, Kabupaten Pulang Pisau sendiri bisa dikatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diterima relatif kecil, tetapi masih bisa menutupi alokasi 20 persen untuk anggaran pendidikan tersebut.
Selain itu, program yang bisa menyentuh masyarakat tentunya memerlukan anggaran yang tidak sedikit, sehingga perlu memperhitungkan efesiensi dan efektivitas penggunaaan anggaran.
“Saya rasa kalau untuk kehendak masyarakat paling utama adalah lapangan kerja, tetapi saat ini Alhamdulilah perusahaan-perusahaan besar sekarang sudah mulai berdiri di Pulang Pisau. Tentunya dengan harapan tenaga lokal bisa lebih diutamakan di daerahnya sendiri,” kata Maruadi
Dia mengatakan, untuk pembagunan infrastruktur di Pulang Pisau sudah sesuai dengan perencanaan seperti pembagunan mutliyears sudah berjalan dengan lancar dan tinggal melengkapi. Contohnya pembangunan stadion tinggal pembuatan pagar dan sarana kelengkapan lainnya.
“Kalau untuk infrastruktur jalan sudah mulai bagus, biasanya jalan ini yang menjadi keluhan masyarakat, tetapi sekarang ini kita lihat pembagunan sudah merata sampai ke desa-desa, tetapi memang bertahap tidak mungkin sekaligus karena kita juga melihat dan memperhitungkan anggaran yang ada,” pungkasnya. (Ars)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *