Barito TimurDPRD Barito Timur

Sistem Mina Padi diharapkan Jadi Pilihan Utama Bagi Kelompok Tani

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi mengharapkan kepada kelompok tani yang ada bisa menerapkan teknik Mina Padi
“dorongan Mina Padi itu upaya meningkatkan pendapatan dan gizi petani khususnya di Kabupaten Bartim,” Ucapnya, Senin (12/11/2018).
Dia mengatakan, Mina Padi cara petani menggabungkan teknik budidaya padi dan pemeliharaan ikan secara bersamaan di sawah.
“Dengan perpaduan pertanian dan perikanan dalam satu areal lahan akan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat petani,”sebutnya.
Untuk itu saat ini Kelompok Tani (Poktan) Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah telah melakukan teknik tersebut, dan telah berhasil melakukan panen secara bersamaan, dengan hasil 6,4 Ton perhektare.
“dalam poktan II Desa Netampin tersebut memiliki luasan lahan 221 Hektare, namun tak semua bisa dilakukan teknik Mina Padi, hanya sebagian,” katanya.
Dia mendorong masyarakat petani bisa menerapkan teknik Mina Padi sehingga dapat meningkatkan penghasilan petani khusunya. “untuk itu dirinya berharao ada dukungan dari dinas perikanan agar dapat memberikan bantuan bibit ikan, agar teknik mina padi berjalan dengan sukses,” imbuhnya.(vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!