Barito Timur

2019 Diharapkan Pengaspalan Jalan Desa Tampa -Tarinsing Dituntaskan

Sejumlah pekerja saat menanam bunga di taman pembatas Jalan Protokol Kota Tamiang Layang.

Tamiang Layang,Gerakkalteng.com – Masyarakat Desa Tarinsing, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur, berharap pemerintah kabupaten bisa menuntaskan pengaspalan jalan desa yang menghubungkan Desa Tampa menuju Taringsing di 2019 mendatang.
Pasalnya jalan yang menghubungkan dua desa tersebut kondisinya sudah mengalami kerusakan dan banyak berlobang. Kepala desa Tarinsing Unuh Niko mengatakan, jalan poros yang menghubungkan dua desa tersebut, merupakan akses transportasi warga untuk mengantar anak sekolah ke SDN Jagar Desa Tampa. Selain itu, akses untuk mengambil dan menjual hasil pertanian masyarakat. “Masyarakat sangat menginginkan jalan tersebut di aspal dan jembataan kayu yang ada dibangun secara permanen,” katanya kepada awak media, diakhir pekan.
Dijelaskannya, bukan hanya warga Tarinsing yang menggunakan jalan poros desa tersebut, namun warga Desa Tampa dan lainnya juga sering melintasi jalan ini kalau mau mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan. “Jalan poros jalan antara desa Tarinsing-Tampa, sepanjang 3,3 Km pembangunan jalan yang belum dilakukan pengaspalan,” timpalnya.
Hal senada disampaikan Ketua Badan Perwakilan Desa Tarinsing, Luterman mengatakan, sebelumnya kondisi jalan tersebut berupa jalan tanah dan pengerasaan menggunakan batu . Kemudian, pada 2017 silam, pemkab melakukan pembangunan pengaspalan yang memprioritaskan di dalam Desa Baru.
“Pembangunan pengaspalan jalan desa memang sudah dirasakan masyarakat dilakukan pada 2017 silam. Sudah sangat wajar kalau sekarang masyarakat minta agar pemerintah melanjutkan kembali untuk menuntaskan ruas jalan yang tersisa,” kata Luternan.
Luterman juga berharap, kepada Pemkab Bartim dapat menjadikan jalan itu sebagai salah satu prioritas pembangunan. “Harapannya jalan itu bisa segera ditingkatkan, seperti dari jalan tanah untuk diaspal. Ya semoga menjadi prioritas di tahun 2019,” tandasnya. (Vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *