HeadlineKalimantan Tengah

Forum Eksekutif Redaksi Jalin Kemitraan dengan Ombudsman RI Terkait Layanan Publik

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Lembaga Ombudsman Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) berharap kerja sama yang lebih intensif dengan insan pers yang tergabung dalam Forum Eksekutif Redaksi (FER) Kalteng. Kerja sama tersebut terutama menyangkut pertukaran informasi dan sosialisasi mengingat Ombudsman dan pers memiliki kesamaan peran, yakni sebagai kontrol kualitas pelayanan publik oleh penyelenggara pemerintahan.
Harapan itu disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Kalteng Thoseng TT Asang saat menerima kunjungan silaturahmi insan pers yang tergabung dalam FER,
di Kantor Ombudsman Perwakilan Kalteng di Palangka Raya, Jumat (4/1).
Thoeseng menjelaskan, lembaganya merupakan perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (RI) yang berpusat di Jakarta. Sesuai Undang-undang nomor 25 tahun 1999, fungsi pokok lembaga ini adalah melakukan pengawasan kualitas pelayanan publik yang dilakukan pemerintah maupun swasta yang diserahi kewenangan.
“Sederhananya, kami (Ombudsman) bertugas menyampaikan aspirasi masyarakat ke penguasa,” sebutnya.
Dia melanjutkan, pers sebagai salah satu pilar demokrasi juga memiliki peran fungsi kontrol sosial tersebut. Karena itu, pers bagi lembaganya merupakan mitra penting yang dapat saling mendukung peran pengawasan pelayanan publik.
Terkait harapan tersebut, jajaran pengurus FER Kalteng yang diwakili Sekretaris Irwansyah M Isa, menyampaikan apresiasinya. Dikatakan Irwansyah, sebagai bagian dari komunitas pers, pihaknya berkomitmen menjadi penyampai aspirasi seluruh pihak, termasuk Ombudsman. “Tentunya kami membuka diri untuk semua informasi faktual yang masuk, terlebih dari lembaga Ombudsman yang memang ditunjuk negara untuk menjalankan fungsi
pengawasan pelayanan publik,” ujar Irwansyah.
Dari pertemuan ini, disepakati berbagai bentuk kerja sama, di antaranya penyampaian informasi menyangkut hasil pengawasan standard pelayanan publik, dan diskusi secara periodik.
FER Kalteng sendiri merupakan wadah perhimpunan insan pers yang memiliki kewenangan penentu arah redaksional masing-masing media massa. Forum yang beranggotakan unsur pimpinan redaksi (Pimred), Wakil Pimpinan Redaksi (Wapimred), Redaktur Pelaksana (Redpel) maupun redaktur ini resmi terbentuk pada Desember 2018 lalu dengan ketua terpilih Rahmat Hidayat yang merupakan Kepala LKBN Antara Biro Kalteng. (Ir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *