DPRD Gunung MasGunung Mas

Pemkab Gumas Gelontorkan Rp11 Milyar Untuk BPJS Kesehatan, Lalu Apa Kata Dewan

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) pada APBD tahun ini menggelontorkan Rp11 miliar lebih untuk 40 ribu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Gumas. Rencana kebijakan ini mendapat dukungan dari anggota DPRD setempat, Evandi.
“Uang 11 milyar lebih itu dianggarkan Pemkab untuk 40 ribu peserta BPJS Kesehatan dalam upaya menuju Universal Health Coverage (UHC) atau pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat Gunung Mas secara menyeluruh,” kata Vandi sapaan akrabnya di Kuala Kurun, Jumat (11/1).
Tapi menurut Vandi ini bertahap, tidak sekaligus, namun tetap pada tujuannya memberi layanan kesehatan kepada semua masyarakat Gunung Mas. Hal ini karena kesehatan itu salah satu kebutuhan dasar untuk menciptakan masyarakat sehat, produktifitas meningkat dan kesejahteraanpun akan meningkat.
Anggota komisi dua dari partai Nasdem ini berharap kepada dokter dan tenaga kesehatan di Puskesmas dan di RSUD Kurun untuk memberikan pelayanan yang baik dan penuh cinta kasih kepada masyarakat peserta BPJS yang ditanggung Pemkab.
“Melayani pasien BPJS yang sakit tidak boleh kasar atau asal asalan. Layani dengan baik, dengan ketulusan hati, karena tidak ada manusia yang ingin sakit. Untuk itu kepada pihak Puskesmas dan RSUD Kurun harus memberi pelayanan yang prima supaya mereka sembuh,” serunya.
Lebih lanjut dikatakan Vandi, kepesertaan BPJS ada dua, yakni peserta penerima bantuan iuran dan peserta bukan penerima bantuan iuran. Peserta BPJS penerima bantuan iuran, masyarakat miskin dan tidak mampu sebagaimana diatur dalam undang undang sistem jaminan sosial nasional. Sementara Peserta BPJS bukan penerima bantuan iuran, masyarakat dengan golongan ekonomi mampu.
“Layanan kesehatan yang ditanggung BPJS meliputi layanan kesehatan tingkat pertama dan layanan kesehatan rujukan tingkat lanjut. Kami (DPRD) ingin masyarakat Gunung Mas peserta BPJS dapat memperoleh layanan yang sesuai, dan layanan yang memuaskan,” tegas Vandi.(Srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *