DPRD Gunung MasGunung Mas

Pemkab Gumas Luncurkan Program DESAK

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tahun 2019 ini meluncurkan program Desa Sadar Administrasi Kependudukan (DESAK).
Kadisdukcapil Kabupaten Gumas, Barthel, Senin (14/1/2019) mengungkapkan jika DESAK merupakan program inovasi, sebagai tindaklanjut dari program pemerintah pusat, GISA yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (Administrai Kependudukan). Program ini sudah dilaunching Menteri Dalam Negeri bersama Dirjen Dukcapil tahun 2018 di Batam, Kepulauan Riau, pada saat Rakornas Dukcapil.
“Program ini juga sebagai tindak lanjut dari program kampung KB (Keluarga Berencana), dimana kami dilibatkan sebagai anggota kelompok kerja program kampung KB. Ada 23 desa yang menjadi sasaran program DESAK,” tambah mantan camat Tewah ini.
Menurut Barthel, program DESAK dibentuk dalam upaya percepatan kepemilikan dokumen kependudukan, artinya setiap penduduk di desa tersebut memiliki dokumen kepependudukan.
Tujuannya adalah menyadarkan mayarakat akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan dan dokumen pencatatan sipil, masyarakat di desa mendapat pelayanan langsung dari pemerintah daerah tanpa menguruskan ke kecamatan atau kabupaten.
Terjaminnya keabsahan dokumen dan percepatan pelayanan ini, menurutnya sebagai perwujudan dari motto pelayanan kependudukan, yaitu bangga dan penting pada setiap orang dan melayani dengan ikhlas.
Manfaat DESAK, sebut dia, seluruh warga desa memiliki dokumen kependudukan dan dokumen pencatatan sipil, memudahkan warga desa dalam memperoleh pelayanan publik terkait kesehatan, pendidikan, perbankan dan lainnya.
Terkait GISA, untuk pencanangannya tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Barthel akui kabupaten Gumas prestasinya cukup rendah dibandingkan kabupaten/kota yang ada di Kalteng, berada di tingkat terbawah bersama kabupaten Sukamara.
“Tantangan buat kami (Disdukcapil), memotivasi kami untuk kedepan lebih berinovasi dan bekerja dengan lebih maksimal, supaya kami bisa mencapai prestasi yang maksimal di tingkat kabupaten dan provinsi,” tukas Barthel.(Srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!