Gunung Mas

Ini Cara Mengatur Debit Air Terjun di Batu Mahasur

“Masalah debit air terjun juga menjadi salah satu perhatian kita selama ini. Karena saat musim kemarau volume air yang turun cukup sedikit,” ungkapnya, Jumat (29/3/2019).

 

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Dalam waktu dekat, Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Gunung Mas rencananya bakal menyulap air terjun Batu Mahasur agar debitnya konsisten sepanjang tahun.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Gunung Mas, Siren menuturkan, sejauh ini debit air yang menjadi sumber air terjun Batu Mahasur dinilai kurang memadai.

“Masalah debit air terjun juga menjadi salah satu perhatian kita selama ini. Karena saat musim kemarau volume air yang turun cukup sedikit,” ungkapnya, Jumat (29/3/2019).

Lantaran keberadaan air terjun tersebut menjadi daya tarik utama objek wisata di Batu Mahasur, maka pihaknya berencana membangun sejenis bendungan di atasnya.

“Solusi air terjun agar mengucur deras dan konsistensi sepanjang tahun, maka diperlukan upaya pembendung. Karena sejauh ini debit airnya memang tidak begitu banyak,” katanya.

Potensi objek wisata alam tersebut cukup menjanjikan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata di Kabupaten Gunung Mas.

“Berdasarkan data, dalam dua minggu terakhir saja jumlah pengunjung yang datang sudah mencapai 600 orang lebih. Dalam tahap pembenahan seperti ini saja kunjungan masyarakat sudah sebanyak itu, apalagi ke depan,” sebutnya.

Adapun biaya tiket masuk Batu Mahasur pada Senin sampai Jumat dipatok Rp 3 ribu per orang. Sedangkan pada hari-hari libur atau Sabtu – Minggu harga tiket sebesar Rp 5 ribu. Tarif tersebut telah sesuai dengan peraturan daerah.

“Konsepnya ke depan, kami menginginkan Batu Mahasur selayaknya objek wisata air terjun yang ada di daerah lain yang lebih dulu maju. Kami juga akan melengkapinya dengan bangunan gazebo hingga kios-kios makan dan minuman,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui pelbagai pembenahan tersebut dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan objek wisata air terjun Batu Mahasur.

“Saya berkeyakinan, jika semua fasilitas sudah bagus maka jumlah pengunjungnya juga akan semakin banyak yang datang,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!