DPRD KatinganHEADLINE

Jelang Peringatan HUT RI Ke 78, Dewan Harapkan Ada Perayaan

KASONGAN – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78 yang jatuh pada 17 Agustus 2023 mendatang, selain mengadakaan upacara pada tanggal tersebut, juga ada perayaan di masing-masing ibukota Kecamatan. Demikian harapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto kepada sejumlah awak media, Selasa siang(1/7/2023), di ruang loby DPRD Katingan.

Khusus untuk perayaannya menurut legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, bisa mengadakan panjat pinang, menggelar pestival lagu-lagu kebangsaan (nasional) dan bisa pula menggelar pertandingan beberapa jenis olahraga. Kegiatan seperti ini dulunya pernah digelar oleh para generasi kita di zaman dulu.

“Sehingga mari kita gelorakan kembali hiburan seperti ini,” ajak Sugianto.

Dulu menurutnya, dirinya masih Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), beberapa hari sebelum tanggal 17 Agustus, di wilayah Kecamatannya selalu mengadakan berbagai hiburan sambil berolahraga.

“Seperti menggelar panjat pinang, tarik tambang, membawa kelereng di sendok, lomba lari menggunakan karung goni, pertandingan sepak bola antar desa dan lain sebagainya,”sebutnya.

Pemenangnya, lanjutnya, selain diberikan piala juga berbagai hadiah, sesuai dengan urutan kemenangannya masing-masing. Kegiatan seperti ini digelar setiap tahun. “Oleh karena itu kegiatan seperti ini digelorakan kembali setiap momen hari kemerdekaan RI,” harapnya.

Terkait dengan bulan Kemerdekaan pada tahun 2023 ini, dirinya mengingatkan kembali kepada masyarakat Katingan di ibukota Kabupaten, Kecamatan hingga di desa-desa, baik perkantoran pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan, di pasar, pertokoan maupun di halaman rumah masing-masing agar memasang bendera merah putih.

“Hal ini merupakan bagian dari kita sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mengenang para pahlawan kita dulu, yang berjuang untuk merebut kemerdekaan RI,” ingat anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!