Gunung MasPolitik

KPU Gumas Gelar Simulasi Pencoblosan Mirip dengan Aslinya

"Dalam surat suara simulasi ini, nama partai dibuat berbeda dan tidak ada nama calon legislatifnya. Sedangkan ukuran dan lain-lain dibuat persis sama dengan aslinya," ungkap Stepenson, Selasa (26/3/2019).

FOTO : Simulasi pemungutan suara di TPS diikuti ratusan orang. Kegiatan itu digelar di halaman kantor KPU Gunung Mas, Selasa (26/3/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Simulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 yang di gelar KPU Gunung Mas dirancang semirip mungkin dengan pelaksanaan sesungguhnya. Tujuannya agar memberikan gambaran umum tentang tata cara pencoblosan hingga teknis penting lainnya.

Ketua KPU Gunung Mas, Stepenson mengatakan, spesimen surat suara yang digunakan pada simulasi tersebut sebanyak 120 orang pemilih. Baik tulisan, ukuran huruf, kolom, hingga panjang dan lebar kertas suara dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Tiap peserta diberikan masing-masing lima lembar kategori surat suara, empat bilik untuk mencoblos, dan lima kotak suara. Tidak cuma itu, semua peserta juga diwajibkan mencelupkan jari ke dalam tinta dan masing-masing petugas menjalankan tugasnya dengan serius dan profesional.

“Dalam surat suara simulasi ini, nama partai dibuat berbeda dan tidak ada nama calon legislatifnya. Sedangkan ukuran dan lain-lain dibuat persis sama dengan aslinya,” ungkap Stepenson, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya, simulasi tersebut melibatkan sebanyak 120 orang. Rata-rata pesertanya merupakan penyelenggara pemilu yang nantinya bertugas sebagai KPPS. Dimaksudkan, agar mereka lebih memahami tugas dan fungsinya ketika hari pencoblosan.

“Sebenarnya keinginan kami pelaksanaan simulasi juga dilakukan di kecamatan lain, tapi terbentur keterbatasan waktu dan personel KPU. Namun kami akan menggelar simulasi serupa saat bimbingan teknis bersama seluruh KPPS,” ujarnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *