DPRD Barito Selatan

Kades Bersama BPD Perlu Perkuat Sinergitas

BUNTOK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Selatan meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersinergi dengan Kepala Desa (Kades) untuk menyukseskan setiap program pembangunan.

“Dalam pelaksanaan roda pemerintahan, diharapkan BPD dan Kepala Desa jangan jalan sendiri-sendiri,” ucap Wakil Ketua DPRD Barito Selatan (Barsel), Enung Irawati, Minggu (4/12/2022).

Menurutnya, Desa yang kuat karena semua kompak. Sinergi dan kekompakan itu merupakan kunci dalam pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di masing-masing desa. Enung menambahkan, dalam proses pembangunan semuanya harus dilibatkan, baik tokoh masyarakat dan lainnya yang ada di masing-masing desa tersebut.

“Hal itu harus dilakukan dalam upaya untuk menyatukan pemikiran, serta menyamakan persepsi dalam mencapai pembangunan yang merata di setiap desa,” tuturnya.

Menurutntya, tujuan utama pembangunan desa adalah memastikan pelayanan pemerintah desa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga hal tersebut dianggap penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar.

“Termasuk pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Dengan adanya sinergi dan kekompakan, pelaksanaan pembangunan di desa diyakini dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan harapan dan keinginan bersama masyarakat di desanya masing-masing.

Enung juga berharap agar setiap desa dapat menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan terus mengali sumber-sumber pendapatan bagi desanya masing-masing.

“Pengembangan BUMDes itu dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dengan merekrut generasi muda pada setiap desa yang sudah menamatkan kuliahnya,” pungkas Enung. (dn/m4r)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!