Barito Timur

Bupati Ajak Pelihara Budaya dan Adat Dayak

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, mengajak masyarakat Barito Timur memelihara Adat dan budaya Dayak Maanyan karena ini dapat dibuktikan dengan banyaknya sanggar tari yang tetap melestarikan Adat dan budaya.

Hal ini disampaikan bupati saat menghadiri penutupan Festival Budaya Nansarunai Jajaka tahun 2022 di halaman gedung Muntawawara.

Disampaikan bupati, pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur akan terus mendorong dan mengembangkan kesenian yang ada di Gumi Jari Janang Kalalawah.

“Kedepan peran kecamatan untuk mendukung kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka akan ditingkatkan, khususnya penganggaran dalam mengikuti kegiatan festival ini,” ujar bupati, Selasa (23/8/2022).

Bupati meminta, dimasa yang akan datang penyelenggaraan Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini persiapkan dan dikemas dengan baik.

“Kegiatan ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari, kemudian selanjutnya diupayakan penutupannya pada malam minggu. Sehingga para orang tua bisa membawa putra-putrinya ikut menyaksikan hiburan seni dan budaya yang disajikan oleh putra-putri Kabupaten Barito Timur,” harap bupati.

Masih kata bupati, guna menunjang kegiatan panggung hiburan untuk masyarakat, pemerintah Kabupaten Barito Timur telah menyiapkan panggung untuk penggelaran seni atau hiburan di Komplek Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Nansarunai, Tamiang Layang.

Maka dari itu, Ampera mengungkapkan rasa bangganya setelah melihat langsung kemampuan dan penampilan putra-putri Barito Timur diatas panggung hiburan, dan ikut ambil bagian dalam melestarikan seni dan budaya Dayak Maanyan.

Diakhir sambutan, bupati mengucapakan terimakasih kepada semua pihak, yang sudah mendukung dalam rangkaian kegiatan Festival Nansarunai Jajaka tahun 2022. Tahun 2023, ujar bupati, Festival Nansarunai Jajaka kembali digelar sebelum pelaksanaan Festival Isen Mulang. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!