HeadlineKalimantan TengahPalangka Raya

1.574 Personel Pengamanan Disiapkan Jelang Kampanye Jokowi

Disiapkan 1.574 personel pengamanan untuk calon presiden (capres) nomor urut 01 Ir H Joko Widodo (Jokowi) dalam kampanye terbuka di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (8/4).FOTO :
Danrem 102/Pjg Kol Arm Saiful Rizal

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Sedikitnya disiapkan 1.574 personel pengamanan untuk calon presiden (capres) nomor urut 01 Ir H Joko Widodo (Jokowi) dalam kampanye terbuka di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (8/4) mendatang. Sebagai persiapan pengamanan capres petahana yang juga berstatus kepala negara aktif ini, Korem 102/Pjg menggelar apel siaga dan gelar pasukan di halaman Kantor Gubernur, Sabtu (6/4) pagi.
Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab melalui Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Kol Arm Saiful Rizal, usai apel gelar pasukan, mengatakan, agenda Jokowi ke Bumi Tambun Bungai ini sepenuhnya dalam rangka kampanye terbuka.
Dijelaskan Danrem, kendati bukan dalam tugas kepala negara, namun prosedur pengamanan terhadap pejabat presiden ataupun wakil presiden yang termasuk dalam kategori VVIP beserta keluarganya tetap akan melekat. Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
Saiful merinci, jumlah personel yang nantinya dilibatkan dalam pengamanan ini sementara sebanyak 1.574 orang. Terdisi dari prajurit TNI dan Polri, di-backup fungsi-fungsi teknis yang dibutuhkan seperti PNS, Damkar, Kesehatan, dan semua stakeholder yang berkaitan dengan keamanan, kenyamanan dan efektifnya VVIP datang.
“Ini masih belum komplet, karena kita nanti akan diatensi oleh protokol (kepresidenan) maupun Paspampres, dan nanti kita bisa melakukan perbaikan sesuai kebutuhan di lapangan,” ujar Danrem.
Terkait, formasi tamu yang datang, pihaknya masih menunggu konfirmasi hingga last minutes. “Sementara ini, fokus tunggal. Tetapi nanti formatnya kita tunggu last minutes dari protokoler (kepresidenan),” tambahnya.
Terkait jadwal dan agenda kedatangan, pihaknya juga masih menunggu informasi lanjutan. “Jadwal sementara Senin, sekitar pukul 19.00 WIB malam. Tempatnya yang pasti Bandara, selanjutnya sesuai yang dirancang BKD (Badan Kampanye daerah),” tandasnya. (Ir)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *