DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Sinergitas untuk Akomodir Usulan Musrenbang dan Reses

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG, COM-Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto berharap agar pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Palangka Raya tahun 2020, mampu membawa perubahan dinamika pembangunan.

“Terpenting perencanaan program pembangunan dapat menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat,”ucapnya, Sabtu (6/4/2019).

Bagi pihak DPRD Kota Palangka Raya lanjut Sigit, tentu akan mendukung penuh program-program kegiatan pihak eksekutif tersebut. Namun demikian kata dia, program yang tersusun harus selalu mengedepankan sinergitas antara eksekutif dan legislatif.

“Eksekutif memiliki musrenbang, dan legislatif memiliki reses sama-sama berdasar aspirasi. Disini perlu adanya sinergitas keduanya sehingga pembangunan bisa menjadi lebih baik,”ungkapnya.

Menurut Sigit, jika usulan prioritas masyarakat untuk pembangunan tersebut hendaknya menjadi acuan penting bagi seluruh stakeholder dari tingkat RT, lurah, camat dan organisasi peringkat daerah (OPD) dalam penyusunan program prioritas pembangunan.

“Inilah yang terus kami tekankan, bahwa usulan prioritas yang disampaikan masyarakat harus mampu dipenuhi dalam penyusunan program pembangunan yang berorientasi pada APBD,”jelasnya lagi.

Perlu diketahui lanjut dia, dalam penyusunan APBD maka dokumen yang menjadi dasar penyusunan program tidak lepas dari RPJMD dan RKPD (top down planning). Kemudian dikolaborasikan dengan usulan masyarakat yang tertuang dalam hasil musrenbang dan hasil reses anggota DPRD (bottom up planning).

Sebab itu hal-hal spesifik yang perlu menjadi perhatian adalah agar dalam musrenbang, baik dari tingkat kelurahan hingga tingkat kota, serta aspirasi masyarakat yang tertuang dalam reses DPRD harus dipelototi agar tidak ada duplikasi ataupun yang tertinggal.

“Intinya dewan mendukung usulan-usulan yang sudah dirangkum baik itu fisik jalan, jembatan dan drainase dalam kota, sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Namun hal spesipik lainnya dari hasil musrenbag dan reses perlu di cermati serta dicek,”pungkas Sigit.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *