DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Sadar Kependudukan melalui SKK

“Untuk itu guru harus memasukan unsur kependudukan disetiap mata pelajaran dalam RPP,” jelasnya, Senin (14/10/2019).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur meresmikan Sekolah Siaga Kependudukan (SKK) di SMPN 3 Sampit. Melalui SSK, sekolah akan mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana di dalam mata pelajaran, yang di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber peserta didik dalam upaya pembentukan generasi berencana.

Kabid SMP Kotim Muhammad Irfansyah mengatakan, kegiatan SSK sangat bermanfaat bagi pendidikan. Sejak dini anak peserta didik sudah diberitahu tentang arti pentingnya pengendalian penduduk.

“Untuk itu guru harus memasukan unsur kependudukan disetiap mata pelajaran dalam RPP,” jelasnya, Senin (14/10/2019).

Dia menambahkan, sekolah bukan lagi hanya tempat belajar, tetapi lebih dari itu. Guru dituntut mendidik peserta didik menjadi lebih baik lagi untuk menyongsong masa depannya dalam mengisi pembangunan bangsa ini menuju Indonesia emas pada tahun 2045 nantinya.

“Tujuan dari yang diharapkan dari adanya program SSK ini pertama, memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa,” jelasnya.

Kedua, lanjutnya, menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Ketiga, mengembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan kelak ketika mereka menjadi dewasa.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 3 Sampit Siti Khadijah mengucapkan terima kasih karena sudah dipilih menjadi SKK.

“Kemungkinan terpilihnya sekolah kami ini adalah karena jumlah siswa yang besar dengan latar ekonomi dan karakter yang beragam, serta letak geografis sekolah yang berada ditengah padat penduduk, sehingga sangat mempengaruhi pada kualitas penduduk,” jelasnya, Senin (14/10/2019).

Dia berharap, kepercayaan dan juga motivasi yang diberikan kepada sekolah ini menjadi penyemangat khususnya bagi keluarga besar SMPN 3 Sampit dalam menciptakan generasi emas sesuai dengan harapan bersama.

“Mudah-mudahan amanah dan juga kepercayaan ini dapat kami laksanakan dengan baik dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!