Palangka Raya

Walikota Fairid Ingin Tata Pemukiman Disepanjang DAS

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, memiliki obsesi dalam hal penataan wajah ‘Kota Cantik’ agar lebih tertata baik dan rapi sekaligus berwawasan lingkungan.

Salah satu tekat wali kota ini yakni ingin menjadikan kawasan disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) lebih menonjolkan ruang terbuka hijau (RTH).

“RTH yang cukup tersedia serta penataan rumah yang rapi akan membawa lingkungan DAS memiliki pengaruh penting dalam kehidupan manusia. Tidak hanya untuk perwajahan kota, tapi juga penting bagi kesehatan,”ungkap Fairid,Sabtu (14/4/2019).

Dikatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya memiliki program kedepan dalam hal penetaan lingkungan DAS. Salah satunya merubah sistem penataan rumah-rumah warga yang ada di dekat bantaran sungai lebih terencana dalam hal penataan.

“Kalau saat ini sistem bangunan rumah warga di bantaran DAS tidak beraturan. Kami ingin semua bangunan itu bisa berjejer rapi.Kalau pintu rumah menghadap kejalan, maka semuanya harus sama,”cetus Fairid.

Menurutnya, jika Palangka Raya ingin menjadi kota yang maju, maka harus dibarengi dengan penataan ruang kota yang memiliki keteraturan.

Bantaran DAS yang mengelilingi wilayah Kota Palangka Raya itu sendiri akan mempengaruhi perwajahan kota. Karenanya diperlukan konsep penataan ruang yang baik.

“Selama ini RTH serta pemukiman warga di kawasan DAS selalu menjadi sorotan manakala ada program penataan ruang yang telah disusun, namun sering kali harus terbentur dilaksanakan karena banyak faktor,”ujar Fairid.

Faktor dimaksud lanjutnya adalah, belum maksimalnya dukungan masyarakat terhadap program penataan.Padahal penataan ruang yang terencana dan tersistem akan membawa banyak hal positif pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“Namun begitu kita ingin kedepan, progran penataan kawasan DAS bisa terwujud. Semuanya demi perwajahan kota yang lebih baik serta tercapainya lingkungan yang asri dan sehat,”harapnya.

Guna mewujudkan itu semua tambah Fairid, maka pemerintah daerah memerlukan dukungan penting dari masyarakat.Disisi lain, kerja sama antar pemerintah daerah pun harus terus terbangun. TermasuK asistensi serta bantuan dan dukungan pemerintah pusat.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *