DPRD Gunung Mas

Agar Pembangunan Gumas Lebih Maksimal, Maka Dibutuhkan  Anggaran Besar

"Sebab itu tidak bisa semata-mata bersumber dari APBD saja, namun harus dibantu dengan anggaran dari APBD Kalimantan Tengah maupun APBN," ungkapnya, Jumat (24/5/2019).

FOTO : Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, H Gumer.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Ketua DPRD Gunung Mas, H. Gumer mengatakan, dibutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun Kabupaten Gunung Mas.

“Sebab itu tidak bisa semata-mata bersumber dari APBD saja, namun harus dibantu dengan anggaran dari APBD Kalimantan Tengah maupun APBN,” ungkapnya, Jumat (24/5/2019).

Jika tidak mengharapkan pola seperti itu, katanya, maka progres pembangunan di Kabupaten Gunung Mas bakal berjalan lambat.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan APBD Kabupaten. Ada beberapa anggaran pusat yang mungkin bisa diandalkan, seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dana perimbangan, dan dana bagi hasil,” katanya.

Selain anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat maupun provinsi, salah satu sumber pembiayaan pembangunan daerah juga dibantu dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Keberhasilan pembangunan ke depan tidak terlepas dari peningkatan PAD. Berdasarkan laporan pertanggung jawaban yang disampaikan, capaian PAD kita setiap tahun mengalami peningkatan. Tahun 2014 sebesar Rp 32 miliar, 2015 Rp 32,5 miliar, 2016 Rp 37,4 miliar, 2017 Rp 37,5 miliar, dan 2018 Rp 42,1 miliar,” sebutnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!