EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Selama Pandemi, Butuh Inovasi untuk Memaksimalkan Pembelajaran

“Guru harus tetap belajar IT karena siap menjadi guru berarti siap untuk belajar, siap tingkatkan keilmuan,” kata Suparmadi, Selasa 24 Agustus 2021.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Pada masa sekarang ini, dunia pendidikan harus selalu berinovasi agar proses pembelajaran bisa tetap maksimal terlebih saat pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kotawaringin Timur (Kotim), Suparmadi mengatakan, guru harus selalu siap belajar dan keluar dari zona nyamannya.

“Guru harus tetap belajar IT karena siap menjadi guru berarti siap untuk belajar, siap tingkatkan keilmuan,” kata Suparmadi, Selasa 24 Agustus 2021.

Lanjutnya, guru juga harus berani out of the box atau keluar dari zona nyaman. Yakni pemikiran seorang guru merasa bahwa tanpa melakukan kreativitas dan inovasi apapun pembelajaran sudah dapat berjalan harus dirubah karena tidak akan membuat seseorang berpikiran maju.

“Jika terus dipelihara proses pembelajaran yang demikian, maka akan membosankan dan siswa tidak tertarik untuk mengikutinya,” tegasnya.

Kemudian ujarnya, guru harus membangun learning community atau komunitas belajar. Komunitas yang dimaksud yakni memiliki motivasi untuk belajar dan berkolaborasi untuk meningkatkan kompetensi diri,

Kecenderungan seseorang adalah berbuat jika ada teman yang juga melakukannya.

“Setiap orang dapat menjadi kreatif, semua kembali kepada niat dan kemauan diri,” tandasnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!