Gunung MasHEADLINE

Jalankan Pembangunan Secara Padat Karya Tunai

"Program padat karya tunai ini untuk memberdayakan masyarakat setempat, khususnya bagi warga kita yang kurang mampu maupun kaum marginal," pintanya, Senin (20/5/2019).

FOTO : Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Wakil Bupati Gunung Mas, Rony Karlos meminta, pemerintah desa maupun pemerintah kelurahan menjalankan program pembangunan infrastruktur secara padat karya tunai.

“Program padat karya tunai ini untuk memberdayakan masyarakat setempat, khususnya bagi warga kita yang kurang mampu maupun kaum marginal,” pintanya, Senin (20/5/2019).

Program pembangunan juga harus diarahkan kepada pembangunan yang sifatnya produktif atau manfaatnya bisa langsung dirasakan. Sebisa mungkin utamakan pemanfaatan sumber daya manusia (SDM), tenaga kerja dan teknologi lokal.

“Semua itu bertujuan untuk menambah pendapatan bagi masyarakat di wilayah itu sendiri. Sehingga membantu mengurangi kemiskinan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Melalui pola padat karya tunai tersebut, artinya mulai tahap perencanaan hingga realisasi kegiatan harus dilakoni secara mandiri oleh pemerintah desa/kelurahan.

“Kenapa harus seperti itu, agar uang yang dikeluarkan untuk pembangunan akan berputar di di wilayah desa itu sendiri. Sehingga menimbulkan multiplier effect, roda ekonomi desa berjalan lancar,” sebutnya.

Pemanfaatan tenaga kerja lokal diharapkan, mampu memberdayakan masyarakat sekitar dan membuka peluang pekerjaan serta pendapatan bagi warga yang terlibat.

“Penggunaan bahan baku lokal juga dapat memberi keuntungan bagi masyarakat yang memiliki atau menjual bahan baku bangunan,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!