Barito Timur

Jelang Penetapan DCT, Polres Barito Timur Gelar Simulasi SISPAM KOTA

Foto : Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Menghadapi Pemilihan Umum tahun 2024, Polres Barito Timur melakukan apel simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024, di wilayah hukum Polres Barito Timu, di pimpin langsung Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela.

Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengatakan, simulasi Sispamkota dalam rangka menghadapi Pemilihan umum tahun 2024 di wilayah hukum Polres Barito Timur merupakan kesiapan kita dalam menghadapi pemilu.

Tentunya, sambung kapolres, ini menjadi gambaran apa saja kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2024, sampai dengan situasi yang terburuk pun kita persiapkan dan antisipasi.

“Kami lakukan kesiapan personilnya, kesiapan kemampuannya dan kesiapan peralatannya dan terkait dengan dislokasi personilnya,” kata AKBP Viddy Dasmasela, Rabu (18/10/2023).

Menurut Kapolres Barito Timur, AKBP Viddy Dasmasela kepada media usai simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Polres Barito Timur siap mengawal dan mengamankan semua tahapan pemilu hingga selesai. Dan berharap dengan adanya simulasi ini personil dalam melakukan pengamanan sepanjang tahapan profesional dan selalu siap dalam segala kondisi.

“Terkait dengan pemilu serentak, ini adalah bagian dari pelatihan kita dan kita tunjukan bahwa kita siap untuk mengamankan Pemilu 2024,” jelasnya.

Orang nomor satu dijajaran Polres Barito Timur ini menghimbau, seluruh masyarakat Barito Timur jangan mudah terprovokasi dan jangan terpancing isu-isu hoax yang ada.

“Kita ikuti arahan semua yang sudah ditentukan oleh Pemerintah baik pemerintah daerah, maupun KPU dan Bawaslu. Ya, jauhkan diri dari hal-hal yang dapat merugikan kita semua, money politik dan hal-hal lainnya sehingga kita bisa sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Barito Timur,” ujarnya.

Dijelaskan Kapolres, terkait dengan kesiapan personil sendiri, untuk saat ini melihat dengan peta kekuatan yang ada ditambah dengan kerawanan yang ada.

“Kami yakin bisa dengan kekuatan yang ada, jumlah kekuatan saat ini sekitar 293 dan kami akan tuangkan penuh untuk betul-betul bisa mengamankan pemilu. Untuk saat ini belum ada permintaan BKO (Bawah Kendali Operasi). Kami yakin dengan kesiapan kita yang ada kita yakinkan bahwa kita mampu untuk menghadapi Pemilu serentak 2024,” kata melati bintang dua ini.

Dalam paparan kapolres, untuk wilayah kerawanan sudah kami petakan, mungkin dalam kondisi wilayah kita ini terdapat blankspot, situasi infrastruktur jalan dan segala macam yang memang belum mamadai, itu menjadi kendala-kendala kita dan menjadi kerawanan kita salah satunya.

“Harapannya semoga juga tidak ada hal-hal yang akan menghambat tugas kita mengamankan Pemilu 2024 mendatang,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!