DPRD Kota Palangka RayaHeadlinePalangka Raya

Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Palangka Raya Melampaui Target

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriah.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriah menyebut partisipasi pemilih di kota setempat pada Pemilu 2019 sangat tinggi, hingga mampu mencapai sebesar 83,73 persen.

Bahkan angka partisipasi yang dicapai itu menurut Ngismatul, lebih tinggi dari target yang ditetapkan oleh KPU pusat, yakni sebesar 77,5 persen.

“Partisipasi pemilih di Palangka Raya mencapai 83,73 persen, melebihi target yang ditetapkan KPU pusat yakni sebesar 77,5 persen,”ungkapnya, Sabtu (11/5/2019).

Capaian partisipasi pemilih sebesar itu lanjut Ngismatul, juga melebihi tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan walikota dan wakil walikota tahun 2018, dimana pada saat itu tingkat partisipasi pemilih sebesar 66,12 persen dari target 80 persen.

Upaya sosialisasi kepemiluan yang dilakukan secara masif selama ini kata dia, cukup memberi andil besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Ditambah lagi pemilu kali ini antara pileg dan pilpres digabung sekaligus, sehingga jadi keniscayaan membuat masyarakat begitu antusias memberikan hak suara.

“Kita ketahui setiap calon legislatif punya massa tersendiri, terlebih lagi capres. Ini juga faktor tingginya partisipasi pemilih dalam pemilu,”terangnya.

Sementara itu, dengan telah selesainya pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Palangka Raya dan KPU Provinsi Kalteng maka menurut Ngismatul, sudah diketahui perolehan suara terbanyak dari para caleg dan partai politik (Parpol).

Untuk Kota Palangka Raya itu sendiri jelas dia, peraih suara terbanyak caleg akan dipastikan duduk di kursi DPRD Kota Palangka Raya periode 2019-2024.

“30 caleg peraih suara terbanyak untuk DPRD Kota Palangka Raya, baru akan ditetapkan setelah KPU mendapatkan putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang tidak ada menerima pihak yang melakukan gugatan,”tandasnya.

Berikut daftar caleg peraih suara terbanyak disetiap daerah pemilihan (Dapi) Kota Palangka Raya yang diprediksi bakal duduk sebagai anggota DPRD Kota Palangka Raya periode 2019-2024.VD

Dapil 1
1. Sudarto dari Partai Golkar
2. Khemal Nasery dari Golkar
3. Yudhi K Manan dari PKB
4. Sigit Widodo dari PDIP
5. Jhony A. S. Putra dari.
Nasdem
6 Ruselita dari Perindo.
7. Jumatni dari PAN.
8. Junita Ginting dari Demokrat

Dapil 2
1. Riduanto dari PDIP
2. Vina Panduwinata dari PDIP
3. Ted A Mahendra dari PDIP
4. Anna Agustina Elsye dari Gerindra
5. Subandi dari Golkar
6. Norhaini dari Golkar.
7. Susi Idawati dari Nasdem
8. Noorkhalis Ridha dari PAN
9. Dudie B Sidau dari Hanura
10. Arthur A Tuwan dari Demokrat

Dapil 3
1. Nenie A Lambung dari PDIP
2. Sigit Karyawan Yunianto dari PDIP.
3. Wahid Yusuf dari Golkar
4. Hassan Busyairi dari Golkar
5. Rusdiansyah dari PKB
6. Tantawi Jauhari dari Gerindra
7. Mukarramah dari Nasdem
8. Shopie A Sitorus dari Perindo
9. Reja Framika dari PSI
10. Beta Syailendra dari PAN
11. Hari Purwanto dari Hanura
12. Basirun B Sahepar dari Demokrat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *