DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Waspada Penularan Cacar Monyet

Ketua Komisi C DPRD kota Palangka Raya, Hj Mukarramah,Selasa (21/5/2019).

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Penyakit “Monkey Pox” atau cacar monyet yang belakangan muncul di Singapura, kini menjadi isu nasional.

Penyakit yang disebabkan oleh human monkey pox virus (MPX) ini merupakan penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia

“Memang belum terdengar virus penyakit ini sudah ada di Indonesia, khususnya di Palangka Raya.Namun sepatutnya harus diwaspadai,”ungkap Ketua Komisi C DPRD kota Palangka Raya, Hj Mukarramah,Selasa (21/5/2019).

Tidak bisa dipungkiri lanjut Mukarramah, di-era saat ini dinamika penyakit berkembang begitu cepat, seiring dengan mobilitas manusia yang sangat tinggi. Seperti halnya penyakit cacar monyet yang masih tergolong penyakit baru.

“Virus penyakit ini dikhabarkan cukup mengerikan, dengan dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita.Maka itulah perlu diwaspadai, “ujarnya lagi-lagi mengingatkan.

Disampaikan Mukarramah, saat rapat dengar pendapat bersama Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, pihak dewan telah meminta agar ada upaya pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk waspada dan mencegah jangan sampai masuknya virus ini

Selebihnya politikus ini juga berharap agar pihak otoritas terkait untuk bisa menempatkan alat pemindai panas tubuh atau “Thermal scanner”terutama di terminal kedatangan penumpang.

“Seperti di Bandara Tjilik Riwut, penumpang yang berasal dari daerah lain harus terpantau, sebab bisa saja ada terindikasi penyebaran virus itu. Deteksi dini di bandara ini sangat penting,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *