DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Berharap Tak Ada Lonjakan Harga Komoditas Pasca Lebaran

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Wakil Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Sugianor berharap agar selama perayaan lebaran tahun hingga pasca lebaran tahun ini, tidak ada kenaikan harga yang berarti dari kebutuhan pokok masyarakat.

Mengapa demikian kata dia, sebab pasca perayaan hari besar keagamaan kerap terjadi adanya kenaikan komoditas atau harga bahan pokok, akibat sejumlah faktor yang ada di lapangan.

“Jika ada kenaikan, tentu akan berpengaruh bagi masyarakat dengan pendapatan menengah kebawah,”ungkapnya, Kamis (6/6/2019).

Sugianor mengaku khawatir jika lonjakan harga yang begitu drastis saat Ramadan hingga menjelang Idulfitri yang lalu, terus bertahan dalam waktu lama lama, sehingga masyarakat yang akan dirugikan.

“Kita minta para pelaku usaha untuk tak menimbun bahan kebutuhan pokok, karena hal itu disinyalir menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan harga yang tak terkendali,”tuturnya.

Ungkap politikus PKB Palangka Raya ini, jika sesuai hukum pasar, maka apabila permintaan banyak namun ternyata ketersediaan bahan pokok sedikit maka harga pasti akan meningkat.

“Maka itu diharapkan tak ada yang melakukan penimbunan dan bertindak nakal demi kepentingan pribadi,”tukasnya.

Selebihnya Sugianor mengungkapkan, jika peran pemerintah daerah bersama dengan tim satgas pangan diperlukan untuk mengawasi jalur distribusi kebutuhan pokok di pasaran, guna mengantisipasi hal-hal yang dapat pemicu kenaikan harga.

“Apabila menemukan pelanggaran oleh oknum tertentu, maka harus ada penindakan secara tegas. Dengan harapan agar hal-hal itu tak terulang kembali,”tegasnya.

Dikatakan pengawasan dan kontrol harga harus mampu menjadi prioritas pemerintah disaat seperti ini, karena hal tersebut menyangkut hajat hidup masyarakat banyak.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *