Kalimantan TengahPalangka Raya

FBIM, Tari Kolosal “Hapakat” Memukau

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 resmi dibuka, Senin (17/6/2019).

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, membuka secara langsung even akbar ini, yang mengambil tempat di UPT Taman Budaya Kalteng (arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya).

Dari pembukaan FBIM tersebut ada yang menarik perhatian ribuan penonton pada pembukaan FBIM kali ini, yakni adanya penampilan tari kolosal dengan tajuk “Tari Hapakat” dengan melibatkan 150 orang penari yang terdiri dari seniman maupun sanggar yang ada di Kota Palangka Raya.

Tarian kolosal yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kalteng untuk hidup berdampingan satu sama lain, baik suku dan agama dalam bingkai falsafah Huma Betang, berhasil memukau serta mematik detak kagum ribuan penonton yang memadati arena UPT Taman Budaya Kalteng.

Walikota Palangka Raya, Fairid Napairin yang turut hadir pada pembukaan even ini mengaku bangga melihat antusiasme masyarakat yang datang di perhelatan even yang sarat dengan seni budaya serta kearifan lokal tersebut.

Fairid berkeyakinan, jika generasi muda Kalteng masih berhasrat mengembangkan dan memajukan sekaligus mempromosikan seni budaya daerahnya.

“Tadi ferforma dan penampilan seni budaya dari anak anak muda Kalteng sungguh luar biasa.Mereka memperlihatkan warisan budaya Kalteng yang begitu berwarna,”ucapnya.

Sementara itu Dodi warga Palangka Raya yang hadir menyaksikan pembukaan FBIM, mengungkapkan rasa kagumnya terhadap tarian kolosal “Tari Hapakat”.

“Seni dan budaya kita sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain, asal terys dikembangkan dan dilestarikan,”tuturnya.

Adapun pembukaan FBIM itu sendiri dihadiri para bupati/walikota se Kalteng, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Kementrian Pariwisata RI, Reza Fahlevi, perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebuyaan serta sejumlah perwakilan kedutaan negara untuk Republik Indonesia maupun undangan lainnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *