HEADLINEKalimantan TengahPalangka Raya

Festival Bakar Jagung, Motivasi Bagi Petani Jagung

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Puluhan ribu masyarakat, baik yang datang dari seluruh penjuru Kota Palangka Raya maupun dari berbagai kabupaten di Kalteng, tumpah ruah memenuhi Bundaran Besar Palangka Raya, pada Minggu (16/6/2019) pagi.

Pemandangan tersebut wujud dari antusiasnya masyarakat mengikuti festival bakar jagung dalam rangka HUT Kalteng ke 62, sekaligus memecahkan Musium Rekor Indonesia (MURI) dengan bakar jangung sebanyak 62 ribu tongkol jagung.

Dari pantyauan, sejak pukul 06.00 WIB masyarakat sudah memadati lokasi kegiatan, bersamaan dengan rutinitas car free day yang memang dilaksanakan setiap hari minggu.

Puluhan stand peserta bakar jagung dari perwakilan kabupaten/kota se Kalteng, yang terdiri dari OPD, pihak swasta, perbankan serta masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya, terlihat menyiapkan ratusan hingga ribuan jagung, untuk dibakar lalu di nikmati bersama dengan masyarakat yang datang.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran disela-sela meninjau secara langsung sejumlah stand peserta festival bakar jagung mengatakan, jika event tersebut sebagai bentuk motivator bagi penggiat pertanian di Kalteng, terutama yang bergerak pada komoditas jagung.

“Petani komoditas jagung harus dimotivasi untuk bersemangat, jadikanlah produksi pertanian jagung sebagai komoditas bahan pangan dan bernilai ekonomis serta bergizi,”cetusnya.

Bila berkaca dari negara lain, kata gubernur, maka tidak sedikit para petani dalam berbagai bidang komoditas yang digeluti, sepert halnya jagung ini sukses serta mampu mengangkat perekonomian.

“Petani jagung di Kalteng harus tetap bersemangat dan terus mengembangkan usahanya untuk maju,”tuturnya singkat.

Sementara itu Mamat warga Palangka Raya mengaku menyambut baik kegiatan bakar jagung guna memecahkan rekor MURI ini.

“Festival bakar jagung ini cukup unik, semoga setiap tahun bisa menjadi kegiatan rutinitass,”pintanya.

Sebelumnya Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Nurul Edy mengungkapkan, digelarnya festival bakar jagung sebanyak 62 ribu mencerminkan 62 tahun Provinsi Kalteng.

“Festival bakar jagung ini mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pertanian (Kementan), dimana komoditas jagung diharap mampu dikembangkan dalam skala besar di Kalteng,”sebutnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!