HeadlineKalimantan TengahNasionalPalangka Raya

Masuk CoE, FBIM Event Terbaik di Indonesia

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Even akbar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 telah usai digelar.

Bagusnya even yang sarat dengan nilai seni budaya serta kearifan lokal ini oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk kedepan dimasukkan ke dalam Calender of Event (CoE) tingkat nasional.

Hal ini disampaikan Tim CoE Kementrian Pariwisata, Tazbir Abdullah saat penutupan FBIM 2019 pada, Sabtu (22/6/2019) malam, di Bundaran Besar Palangka Raya.

Menurut Tazbir, dari banyak even yang digelar di Indonesia maka FBIM menjadi satu-satunya event terbaik dan terbesar di Indonesia, baik dalam penyelenggaran maupun dalam pelaksanaannya.

“Dengan berbagai pertimbangan inilah CoE kemenpar memasukan even FBIM sebagai salah satu even nasional dalam kalender kepariwisataan di Indoensia,”bebernya.

Dimasukannya FBIM kedalam CoE ini lanjutnya menjadi tantangan bagi Pemerintah Provinsi Kalteng bagaimana kedepan, melakukan terobosan dan mendorong pengembangan kepariwisataan.

“Upaya mengemas FBIM harus diperkuat dengan motivasi termasuk promosi,”ujarnya.

Tak kalah penting kata dia, FBIM ini harus memiliki target khusus terutama dalam hal tingkat kuinjungan wisatawan, termasuk didukung oleh destinasi wisata yang mumpuni.

“Pak mentri melihat Kalteng memiliki potensi ini, karena sudah didukung seni budaya dan kearifan lokal serta destinasi yang bagus dan bernilai tinggi. Tinggal bagaimana menjual potensi itu,”tuturnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya mengaku menyambut baik , dimasukannya FBIM kedalam salah satu CoE di Indoensia, dengan begitu dapat membawa dampak positif

“Positif dalam sisi pembangunan, pertumbuhan ekonomi, peningkatan sektor wisata dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi bagi PAD,”jelasnya.

Dengan dimasukan even ini tambah Ismail, maka upaya sinergi harus dilakukan oleh seluruh tatanan pemerintah daerah, baik provinsi hingga kabupaten/kota.

“Untuk akan datang pelaksanaan FBIM ini bisa lebih meriah dan lebih sukses lagi. Meskipun tahun ini sepanjang sejaran FBIM adalah yang paling sukses. Namun kita ingin sukses lagi,”tandasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *