DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Mendekati Akhir Masa Jabatan 40 Anggota DPRD Cek Kesehatan

SAMPIT, Gerakkalteng.com- Diakhir masa jabatan Anggota DPRD Kotawaringin Timur periode tahun 2014-2019 menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Hal itu dalam rangka menjalankan peraturan demi kepentingan kesehatan wakil rakyat. Adapun pemeriksaan itu dilakukan di rumah sakit Jakarta.

Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT mengatakan, agenda itu memang wajib dilaksanakan di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Menurut Supriadi, semua anggota DPRD Kotim wajib melakukan cek seluruh kesehatannya, dan itu memang program dewan.

Adapun dengan dipilihnya Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat karena memang rujukan dari peraturan pemerintah dan peraturan daerah.

“Jadi kalau RSUD di Sampit tidak masuk kategori yang diamanatkan dalam ketentuan itu, RSPAD merupakan sebuah rumah sakit tipe A yang terletak di Jakarta Pusat,” ungkapnya, Kamis (20/6).

Dia mengungkapkan, saat medical check up tidak hanya riwayat kesehatan yang dicek namun juga dilakukan tes urine terhadap para Anggota Dewan.

Ada 4 item kriteria pemeriksaan utama yaitu
Status kesehatan yang diindikasikan berada dalam standar Normal atau Status kesehatan yang diindikasi dari keadaan normal menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

Kesehatan yang diindikasikan lebih tinggi atau lebih rendah dari normal, setelah intervensi menjadi normal Status kesehatan yang diindikasikan tidak mengalami perubahan, berada lebih tinggi atau kurang dari standar normalnya

Disamping memberikan gambaran status kesehatan individu juga dapat memberikan gambaran status kesehatan secara kelompok Anggota Dewan.

Pengecekan itu mulai dari cek jantung dan laboratorium yang mencakup tes urine. Sementara untuk hasilnya belum diketahui.

Ditambahkannya, pemeriksaan kesehatan itu amanat dari Peratuan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif anggota DPRD dan peraturan daerah.

Setiap anggota DPRD mendapatkan fasilitas tersebut secara rutin setiap tahun selain hak keuangan dan protokoler yang sudah diatur. Rumah sakit menyiapkan tim dokter yang terdiri dari spesialis berbagai penyakit untuk memeriksa para wakil rakyat itu.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!