DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Politikus Ajak Masyarakat Waspada Karhutla

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kalangan anggota legislatif di DPRD Kota Palangka Raya, mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta penyebaran kebakarannya dari kota setempat selama peralihan musim kemarau.

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengungkapkan jika imbauan kewaspadaan karhutla itu disampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Cantik, baik yang memiliki area perkebunan, yang membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar.

“Menjelang peralihan musim kemarau sangatlah berpotensi terjadinya angin kencang, sirkulasi suhu udara yang tinggi dan cenderung kering, sehingga lahan yang terbakar akansangat mudah menyebar,”katanya, Jum’at (28/6/2019).

Menurutnya, kepedulian dari masyarakat saat ini sangat kita harapkan, serta kesadaran diri untuk tidak menyebabkan kerusakan dengan cara membakar lahan.

Apalagi saat ini pemerintah pusat, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan imbauan untuk sejumlah daerah yang dinilai dengan rawan karhutla seperti di Pulau Kalimantan dan Sumatera, agar tetap waspada sedini mungkin untuk mencegah terjadinya karhutla yang berdampak buruk bagi masyarakat.

“Mereka memperkirakan jika potensi bisa mulai meningkat di pertengahan tahun ini, seiring dengan datangnya musim kemarau,”bebernya.

Selain itu lanjutnya, BMKG juga memprediksi jika sejumlah daerah di Indonesia akan menghadapi curah hujan rendah pada Juli hingga Oktober mendatang.

“Karena itulah mengapa dari sekarang, tindak pencegahan harus mulai dilakukan sebelum terlambat,”cetusnya.

Politikus PDI Perjuangan in juga mengharapkan keterlibatan pemerintah antar eleman yang sudah dipersiapkan jauh hari, mampu menanggulangi bencana karhutla setiap tahunnya.

Terlebih dengan struktur tanah dan kondisi alam di Kota Palangka Raya yang sedemikian rupa tentu rawan akan karhutla.”Sebab itulah, penanganan bencana karhutla ini dari tahun ke tahun selalu kita dorong untuk terus efektif, “tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *