DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Jekan Raya Perkuat Sosialisasi Karhutla

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Wilayah Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya merupakan salah satu wilayah yang dalam beberapa hari terakhir ini paling tinggi terjadinya kebakaran hutan dan lahannya (Karhutla).

Camat Jekan Raya, Saipullah mengakui, jika sejumlah titik diwilayahnya banyak terjadi kebakaran lahan. Ia menduga, faktor kesengajaan hingga pembukaan lahan dengan cara membakar menjadi pemicu terjadinya karhutla.

“Kami terus dengan gencar melakukan sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat serta dengan tegas menyampaikan larangan tidak membakar lahan dimusim kemarau,”
tegasnya, Kamis (18/7/2019).

Saat ini lanjut Saipullah, tim satgas karhutla bersama Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) terus melakukan penanganan sekaligus pemadaman jika ditemukan sejumlah titik api. Disamping itu kegiatan patroli gabungan terus dimaksimalkan pada sejumlah titik rawan karhutla.

Menurutnya, pada saat penanganan pemadaman sejumlah titik api di sejumlah lahan yang terbakar beberapa waktu lalu, maka tim atau personel TSAK di lapangan dibantu langsung oleh personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya serta aparat kepolisian.

“Personil TSAK masih sedikit, ditambah lagi peralatan pemadam yang minim. Sehingga perlu dibantu pula oleh BPBD Kota Palangka Raya dan tim satgas karhutla lainnya, “jelasnya.

Pada sisi lain ujar Saipullah, upaya sosialisasi secara massif menjadi salah satu langkah menekan terjadinya kebakaran lahan. Dimana melalui sosialisasi untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan baru atau membersihkan lahan saat musim kemarau.

“Dalam perda kota telah ada ketentuan yang memuat agar masyarakat jangan membuka atau membersihkan lahan saat kemarau karena rentan menyebabkan karhutla,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *