DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Mimpi Wujudkan WFC di Kota Cantik Berlanjut

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM-Water Front City (WFC), yakni konsep penataan pinggiran sungai tepatnya di daerah aliran sungai (DAS) Kahayan di Palangka Raya, bakal terus dimantapkan.

Terlebih Tim kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi V DPR RI, telah melakukan peninjauan lokasi konsep pengembangan WFC, termasuk melakukan pembahasan terkait konsep tersebut dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, sehingga upaya mewujudkannya kembali menguat.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, jika kewenangan pengelolaan kawasan Sungai Kahayan masih ditangani oleh pihak Pemerintah Provinsi Kalteng.
Kondisi tersebut kata dia menjadi kendala, ketika ada keinginan untuk mengoptimalkan pengelolaan.

“Ada arahan dari pihak DPR RI, agar ada pelimpahan pengelolaan Sungai Kahayan kepada pihak pemerintah pusat . Nah, ini yang harus dikoordinasikan,”ujarnya, Jum’at (12/7/2019).

Selain belum adanya pelimpahan pengelolaan Sungai Kahayan, maka hal yang berkaitan belum adanya relokasi pemukiman penduduk yang berada di kawasan DAS tersebut juga menjadi kendala.

“Perlu koordinasi, bagaimana mengenai pelimpahan kewenangan pengelolaan Sungai Kahayan maupun pemukiman di DAS tersebut,’beber Fairid.

Memang lanjut dia, hal-hal yang berkaitan dengan relokasi pemukiman warga
di DAS Kahayan sudah lama digulirkan seiring rencana pengembangan WFC.Bahkan Pemko Palangka Raya telah memikirkan relokasi pemukiman tersebut ke tempat yang baru.

“Memang untuk hal ini berproses, kapan waktu pelaksanaannya tentu memerlukan kajian kajian. Sehingga masyarakat merasa tidak terbebani dengan adanya relokasi,”tuturnya.

Tambah Fairid, jika menengok kembali sejarah masa lampau, maka Presiden Soekarno saat melakukan seremoni pemancangan tiang pertama Kota Palangka Raya tahun 1957. Tokoh Proklamator itu menginginkan kota ini menjadi modal dan model.

“Artinya, kawasan tepi DAS Kahayan hendaknya tertata, sehingga saat malam terlihat kerlap-kerlip lampu saat orang melintasi sungai ini. Semoga bisa terwujud,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *