DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

Hari Kemerdekaan, Revolusi Mental Bagi Keutuhan NKRI

Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto memaknai perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 pada tahun ini sebagai moment untuk merefleksikan diri dalam menghadapi segala tantangan bernegara dan berbangsa dimasa yang akan datang.

“Kita renungkan kembali salah satunya adalah bagaimana membangun mental bangsa ini, agar menjadi lebih baik dimana mampu menciptakan manusia yang berintegritas dan berpegang teguh pada filosofi gotong royong, dan cinta tanah air. Ini yang harus kita bangun,”katanya,Minggu (18/8/2019).

Politikus PDI Perjuangan ini menilai, semakin hari kondisi mental bangsa Indonesia semakin berkurang akibat banyaknya arus perkembangan dunia dari segala bidang.

Jati diri bangsa yang luhur sudah mulai terkikis, dimana hal itu dengan tiga problem pokok bangsa yaitu merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi dan paham radikalisme, serta melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional.

“Kita sebagai anak bangsa wajib menjawab tantangan untuk meminimalisir hal tersebut. Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan kita agar ada revolusi mental, untuk menggembleng rakyat Indonesia menjadi manusia baru yang bersatu padu mempertahankan keutuhan NKRI,”bebernya.

Selain itu dikatakan Sigit, seluruh elemen masyarakat masih harus melakukan revolusi, namun dalam arti yang berbeda. Bukan lagi mengangkat senjata, tapi membangun jiwa bangsa.

Membangun jiwa yang merdeka, menurutnya adalah dengan mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal yang positif, sehingga Indonesia dan khususnya Kota Palangka Raya mampu berkembang semakin baik dan memiliki SDM dan daya saing yang unggul.

“Dalam kehidupan sehari-hari, praktek revolusi mental adalah menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong. Para pemimpin dan aparat pemerintahan harus menjadi pelopor untuk menggerakkan revolusi mental ini,”harap Sigit.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!