DPRD KatinganKatingan

Efek Karhutla Di Katingan Masih Aman

meskipun belum berdampak signifikan pihak dinkes secara dini telah menyiapkan onat-obatan serta masker yang akan dibagikan kepada masyarakat jika kabut asap dikatingan mulai pekat.

Kasongan – Kebakaran hutan dan lahan menjadi masalah saat memasuki musim kemarau, akibatnya banyak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dimana-mana.

Akibat dari kebakaran itu sendiri menyebabkan kabut asap yang berdampak pada kesehatan, terutama penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Mengantisipasi hal tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan, telah menyiapkan sedini mungkin obat-obatan untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang terkena penyakit ISPA.

Sekretaris Dinas Kesehatan Katingan Dr. Parluhutan Siahaan, rabu (7/8/2019) di aula Bappelitbang menjelaskan, bahwa diwilayah katingan saat ini dampak dari karhutla dikatingan belum signifikan.

“Untuk diwilayah katingan sampai saat ini akibat dari dampak asap belum signifikan, memagn dipagi hari ada sedikit namun belum berdapak bagi kesehatan,”Ujarnya.

Lanjutnya, meskipun belum berdampak signifikan pihak dinkes secara dini telah menyiapkan onat-obatan serta masker yang akan dibagikan kepada masyarakat jika kabut asap dikatingan mulai pekat.

“Obat-obatan sudah kita siapkan, dan sudah dibagikan di puskesmas-puskesmas dikatingan. Bahkan sekitar 10 ribu masker sudah disiapkan, pada intinya kami dari dinkes sudah siaga’Imbuhnya.

Menurut Parluhutan, katingan saat ini masih aman dari dampak asap karena kinerja pemerintah daerah bersama TNI – Polri yang selalu siap siaga melakukan patrol.

“Semua nya ini tidak lepas dari kinerja semua kalangan, dimana kita ketahui saat ini di wilayah katingan pemerintah berserta TNI – Polri selalu melakukan patrol baik itu siang maupun malam untuk memantu titik api,”Tutupnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *