DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEKalimantan TengahNasionalPalangka Raya

Menkopolhukam : Karhutla di Kalteng Akibat Sengaja Dibakar

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto memerintahkan semua jajaran aparat penegak hukum TNI dan Polri untuk mencari dan menangkap oknum pelaku pembakaran hutan maupun lahan.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto memerintahkan semua jajaran aparat penegak hukum TNI dan Polri untuk mencari dan menangkap oknum pelaku pembakaran hutan maupun lahan yang mengakibatkan kabut asap di wilayah Provinsi Kalimntan Tengan, khususnya Kota Palangka Raya.

Penegasan itu disampaikan Wiranto saat bersama Kapolri, Panglima TNI dan Menteri LHK ketika meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lingkar dalam Jalan Soekarno Palangka Raya, Jumat (23/8/2019).

Dalam kesempatan itu Wiranto menegaskan, agar aparat hukum segara mencari dan menangkap siapa pelaku pembakaran hutan dan lahan yang tidak bertanggung jawab di Kalteng pada umumnya, dan Palangka Raya pada khususnya.

“Perlu dilakukan operasi khusus menangkap orang seperti itu, karena pembakaran hutan dan lahan saat musim kemarau, merupakan perbuatan kejahatan yang harus ditangani. Lahan bergambut ini bukan terbakar, tapi dibakar,”tegasnya.

Selebihnya Wiranto juga berterimakasih kepada aparat penegak hukum di provinsi Kalteng baik itu TNI maupun Polri, satgas pemadam kebakaran dan semua pihak yang sudah bekerja keras memadamkan api sehingga dampaknya tidak meluas.

Adapun kunjungan para pejabat negara ini ke Palangka Raya, tidak lain dalam rangka menyikapi kondisi kabut asap akibat musim kemarau serta kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalteng,.

Kedatangan rombongan disambut oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran didampingi Kapolda Kalteng, Irjen Pol Ilham Salahudin, Sekda Faharizal Fitri dan para Bupati/Walikota se Kalteng serta pejabat lainya.

Para jajajaran pejabat negara ini pun sempat melakukan rapat terpadu pengendalian dan penanganan karhutla. VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!