DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

Sigit Terpilih Menjadi Ketua Sementara DPRD

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sigit K Yunianto terpilih kembali menjadi Ketua Sementara DPRD Palangka Raya, sementara Subandi, sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Palangka Raya.

Hal ini terungkap pada rapat paripurna pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Palangka Raya masa jabatan 2019 – 2024 di ruang paripurna gedung dewan setempat, Rabu (14/8/2019).

Terpilihnya Sigit K Yunianto dan Subandi, sebagai pucuk pimpinan sementara di DPRD Palangka Raya ini berdasarkan Undang-undang pemerintah daerah nomor 23 tahun 2014.

“Jadi sebelum terbentuknya unsur pimpinan DPRD kabupaten/kota, maka lebih dulu dipimpin oleh pimpinan sementara,”ungkap Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Palangka Raya, Siti Masmah pada acara rapat paripurna tersebut.

Dijelaskannya, dalam unsur pimpinan DPRD sementara, hanya terdiri dari satu orang ketua dan satu orang wakil ketua, yakni berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama dan kedua.

Perolehan suara sah terbanyak adalah dari PDIP 6 kursi dengan suara sah 25.124 dan Golkar 6 kursi dan suara sah 20.197. Sehingga susunan pimpinan sementara DPRD Palangka Raya sesuai perolehan kursi partai politik peserta Pemilu 2019.

“Jadi Sigit K Yunianto dari PDIP menjadi Ketua Sementara DPRD Palangka Raya dan Subandi,dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Sementara DPRDPalangka Raya,”jelas Masmah.

Sementara itu Ketua Sementara DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengatakan, dirinya menyampaikan terimakasih kepada PDI Perjuangan dalam hal ini Ketua DPC PDI Perjuangan, Nenie Andriaty Lambung yang masih memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pimpinan sementara.

Pihaknya ungkap Sigit juga menyampaikan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya yang telah berpartisipasi dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019, dimana memberikan kepercayaan untuk mengemban amanah untuk membangun Kota Palangka Raya.

“Terimakasih kepada wali kota dan jajarannya yang selama 5 tahun berlalu, selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan,”tuturnya.

Kepada seluruh anggota dewan yang baru dilantik,ia juga mengucapkan selamat menduduki kursi di DPRD Palangka Raya.

“Tugas dan tanggung jawab kita tidak ringan, tapi cukup berat. Karena di era pemerintahan saat ini setiap tahun proses dan sistem politik yang berbeda, sehingga memgharuskan kita berhati-hati dan cermat dalam menjalankan tugas,”ingatnya.

Selebihnya Sigit berpesan, bahwa lembaga DPRD ini harus kompak, tidak usah melihat dari partai mana. Namun yang paling penting bagaimana menjalankan amanah yang diberikan masyarakat ini supaya bisa dijalankan bersama-sama dalam mengisi pembangunan di Kota Palangka Raya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!