DPRD Gunung MasGunung MasHeadline

BBI Kurun Jual Benih Ikan Berkualitas

"Di BBI Kuala Kurun terdapat empat jenis bibit ikan yang tersedia dan dapat dibeli oleh masyarakat yang ingin membudidayakannya. Empat jenis bibit ikan tersebut adalah Patin, Gurame, Nila, dan Betok alias Papuyu," sebutnya, Senin (9/9/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN –  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas, Trinayati mengatakan, dua balai benih ikan (BBI) Kuala Kurun dan Tewah selalu menghasilkan bibit ikan yang unggul. Bahkan masyarakat bisa membeli pelbagai jenis bibit ikan dengan harga cukup terjangkau.

“Di BBI Kuala Kurun terdapat empat jenis bibit ikan yang tersedia dan dapat dibeli oleh masyarakat yang ingin membudidayakannya. Empat jenis bibit ikan tersebut adalah Patin, Gurame, Nila, dan Betok alias Papuyu,” sebutnya, Senin (9/9/2019).

Sedangkan di BBI Tewah, hanya menyediakan dua jenis bibit ikan yang dapat dibeli masyarakat, yakni Gurame dan Nila. Sejauh ini cuma BBI Kuala Kurun yang menyediakan Iebih banyak bibit ikan, sebab fasilitasnya sudah teraliri listrik PT. PLN Persero.

“Keberadaan layanan listrik dari PLN di BBI Kuala Kurun membuat kami dapat mengembangkan bibit patin. Untuk bibit patin penetasannya memerlukan listrik, jadi bisa kami kembangkan di BBI Kuala Kurun,” beber Trinayati.

Sedangkan untuk BBI Tewah, sejauh ini belum bisa menyediakan bibit ikan patin. Sebab di sana masih mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Sejauh ini sudah cukup banyak masyarakat yang membeli bibit ikan, baik di BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah. Bahkan pembelinya berasal dari luar daerah,” ungkapnya.

Dia mengajak, masyarakat yang hendak membudidayakan ikan patin, gurame, nila maupun papuyu agar membeli bibit ikan di BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah.

“Kalau berminat silakan datang langsung membeli di BBI Kuala Kurun maupun BBI Tewah mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB tiap hari. Nantinya akan ada petugas yang siap melayani,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *