DPRD Kota Palangka RayaHeadlinePalangka Raya

Bersinergi Tuntaskan Kawasan Kumuh

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG
Upaya Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menurunkan angka tingkat kawasan kumuh, semakin gencar dilakukan.Terutama dengan cara bersinergi

Seperti bekerjasama dengan pihak BTN dan Satgas Program Kawasan Tanpa Kumuh (Kotaku), dimana pada Rabu (4/9/2019), dilakukan penyerahan bantuan kepada masyarakat di Jalan G.Obos XV Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya berupa pembangunan jalan beton dan drainase, gerobak sampah, serta vertikal garden untuk mempercantik lingkungan.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji menjelaskan jika program Kotaku yang telah dijalankan sejak tahun 2015 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup yang sehat, yang menjadi kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kota demi mempercepat pengentasan kawasan kumuh.

“Program Kotaku pada 2019 ini, progresnya terutama untuk pencairan dana keseluruhan sebesar Rp8 miliar telah dimanfaatkan sebesar 70 persen pada pencairan tahap pertama,”terangnya.

Seperti di Kelurahan Menteng ini, jelas dia, progress pembangunan jalan sudah mencapai 72 persen yang terdiri dari 768 meter jalan beton dan 298 meter drainase. “Contohnya di Jalan G.Obos XV ini dibangun 9 jalur jalan,” jelas Imbang.

Sementara itu Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengungkapkan, program Kotaku yang telah berjalan selama empat tahun ini ternyata telah mampu menurunkan angka kawasan kumuh, dari awalnya berjumlah 105 hektar kini turun sebanyak 60 hektar menjadi 45 hektar saja.

Paling tidak imbuh dia, dalam setahun lagi kawasan kumuh bisa dientaskan. Program ini tujuannya adalah untuk membuat kawasan yang layak huni bagi masyarakat, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dalam segala bidang.

“Saya harap masyarakat bisa menjaga apa yang telah diperbantukan, manfaatkan sebaik-baiknya dan selalu jaga kebersihan drainase agar tercipta lingkungan yang sehat,” pungkas Fairid.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *