DPRD Gunung Mas

Masyarakat Gumas Diimbau Waspadai Potensi Banjir dan Longsor

"Masyarakat diminta selalu waspada karena kita tahu setiap tahun musibah banjir selalu terjadi. Walaupun tidak berlangsung lama namun pasti akan menghambat aktivitas masyarakat sehari-hari," katanya, Kamis (20/6/2019).

FOTO : Wakil Ketua DPRD Gunung Mas, Punding S. Merang.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Wakil ketua I DPRD Gumas, Punding S Merang mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Gunung Mas beberapa hari terakhir membuat volume Sungai Kahayan nyaris meluap. Dirinya mengimbau, masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai mewaspadai potensi musibah banjir.

“Masyarakat diminta selalu waspada karena kita tahu setiap tahun musibah banjir selalu terjadi. Walaupun tidak berlangsung lama namun pasti akan menghambat aktivitas masyarakat sehari-hari,” katanya, Kamis (20/6/2019).

Politikus Partai Golongan Karya itu menuturkan, hujan di daerahnya kerap mengguyur saat malam hari. Ia berharap instansi pemerintah yang berwenang menangani musibah tetap siaga dan mendeteksi dini.

“Kita harus berkaca dari tahun sebelumnya karena banjir adalah musibah yang merugikan dan membuat aktivitas masyarakat ikut tersendat,” sebutnya.

Dampak hujan deras lainnya, yakni munculnya potensi tanah longsor. Seperti yang terjadi di jalan penghubung antara Kecamatan Tewah – Tumbang Miri. Bahkan dibeberapa titik, longsor nyaris memutus jalan beraspal.

“Pengguna jalan yang melintas di kawasan rawan longsor juga harus waspada, sebab bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu. Selalu hati-hati dan utamakan keselamatan,” pesannya. (agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!