Barito TimurDPRD Barito Timur

Dewan Bartim Meminta Pencegahan Karhutla Dimaksimalkan

TAMIANG LAYANG, Gerakkalteng.com- Daerah Kabuaten Barito Timur dan sekitarnya dilanda kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kabut asap tipis pun mulai menyelimuti kota tamiang layang dan sekitarnya.

Kondisi tersebut membuat Wakil Ketua 2 DPRD Bartim, Depe mulai khawatir bencana kabut asap pekat di tahun 2015 akan terulang tahun ini.

“dampaknya sangat buruk tak hanya menganggu aktivitas masyarakat, namun juga menimbulkan berbagaimacam penyakit yang diderita gara-gara kabut asap” Ujar Depe, Rabu (18/9).

Oleh sebab itu, Depe meminta pemerintah daerah melalui Satgas Karhutla memaksimalkan upaya pencegahan, sehingga karhutla tak semakin meluas dan menimbulkan kabut asap yang semakin pekat ujarnya.

“Titik tekananya bukan pada penanggulangan, melainkan pada pencegahan, mencegah lebih baik dari pada mengulangi,” tegasnya menambahkan.

Disisi lain, ia juga meminta Dinas Kesehatan Barito Timur, mulai bersiap menghadapi para korban kabut asap, karena jika kabut asap semakin pekat, maka penderita gangguan pernafasan diperkiraan semakin meningkat ungkapnya.

“Untuk para lansia, ibu hamil, dan anak-anak merupakan kelompok paling retan terdampak kabut asap,” ujarnya.

Pihaknya menyarankan semua masyarakat barito timur, dikota maupun di desa, harus menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, karena partikel dari karhutla yang bertebaran di udara dapat membahayakan kesehatan, Pungkasnya.(ag)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!