Desa MembangunDPRD KapuasHeadlineHukum dan KriminalKapuas

Demi Lingkungan, Pemdes Bajuh Rela Berjibaku dengan Api

"Kita selalu tanggap sekecil pun api yang ada, baik di wilayah hutan, lahan atau di lingkungan pemukiman," kata Kepala Desa (Kades) Bajuh, kepada media ini via seluler pada Senin (7/10/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KAPUAS – Beberapa hari terakhir, pemadaman Karhutla oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bajuh Kecamatan Kapuas Tengah Kabupaten Kapuas sering dilakukan. Dengan sigap memadamkan api sekecil apapun di wilayahnya.

Pemadaman ini dilakukan oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) desa, dengan melibatkan masyarakat setempat, serta aparatur desa. Setiap ada muncul titik api, anggota damkar desa langsung bertindak mengarahkan peralatan dan tenaga yang ada.

“Kita selalu tanggap sekecil pun api yang ada, baik di wilayah hutan, lahan atau di lingkungan pemukiman,” kata Kepala Desa (Kades) Bajuh, kepada media ini via seluler pada Senin (7/10/2019).

Bisi juga menyampaikan, upaya pencegahan melalui imbauan kepada masyarakat terus dilakukan. Dengan harapan, terjadinya karhutla bisa diminimalisir.

“Tetapi memang terkadang sumber api tidak diketahui, atau bukan oleh warga desa. Dan tidak tinggal diam, langsung terjun ke lokasi,”katanya.

Ia berharap, perusahaan yang terdekat dengan desa bisa terus bersinergi ke depan. Dalam hal antisipasi Karhutla, karena peralatan desa masih terbatas. (SS3)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *