HeadlineKalimantan TengahPalangka Raya

Ratusan Yachter Berlayar ke Teluk Kumai

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM
Seperti halnya tahun 2018 yang lalu, maka Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, kembali menjadi salah satu tempat rutin agenda tahunan Wonderful Sail To Indonesia.

Tepatnya Pelabuhan Panglima Utar Kumai bersiap menjadi titik singgah peserta kapal-kapal wisata rally yacht wonderful 2019.

Dikabarkan ada ratusan yacther internasional sudah berlayar di perairan Indonesia dalam misi wonderful sail to Indonesia tersebut. Para yacther ini jauh sebelumnya telah menyinggahi sejumlah destinasi wisata di Indonesia, dan kini mereka tengah melakukan pelayaran menuju Teluk Kumai, Kobar.

Kedatangan kapal-kapal wisata rally yacht wonderful ini, tentunya akan singgah ke salah satu destinasi wisata unggulan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, yakni Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, para yachter atau wisatawan mancanegara (wisman) penggemar wisata bahari ini tiba di Teluk Kumai diperkirakan pada 7 Oktober 2019 dan akan melakukan kegiatan wisata di Kobar hingga 12 Oktober 2019.

“Kumai menjadi satu-satunya destinasi singgah di Kalimantan. Sebab ada TN Tanjung Puting yang sudah mendunia, karena memiliki keunggulan berupa hutan tropis sebagai habitat asli orang utan di Indonesia,”ujarnya.

Disatu sisi lanjut Guntur, para travel agent di Kobar juga telah menyiapkan sejumlah paket wisata pilihan menarik, selain tujuan wisata utama ke TNTP.

“Nantinya para yacther akan diajak berkeliling dan bermalam dengan menggunakan kapal klotok. Untuk bisa menikmati wisata itu,”sebutnya,Selasa (1/10/2019).

Guntur mengungkapkan, bahwa jauh sebelumnya Pemrov Kalteng melalui Disbudpar provinsi maupun Disbudpar Kobar sudah melakukan persiapan.Seperti menyiapkan fasilitas pendukung termasuk tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi oleh para yachter yang diperkirakan datang berjumlah ratusan orang dari berbagai negara.

Sementara itu secara umum pelabuhan Kumai sudah siap menyambut sebagai tempat bersandarnya puluhan kapal-kapal pesiar itu. “Saat ini peserta wonderful masih dalam perjalanan berlayar setelah sebelumnya berlabuh di pantai Lovina Kabupaten Buleleng – Bali, sebelum menuju ke Teluk Kumai,”tuturnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Tirta mengatakan, pihaknya telah memberikan informasi awal serta menyerahkan sejumlah aksesoris dan juga brosur serta video dokumenter destinasi wisata di Kobar kepada para yachter peserta wonderful yang akan berlayar masuk ke Teluk Kumai.

Tim Disbudpar Kalteng datang langsung ke Kabupaten Buleleng, Bali. Tepatnya di pantai Binaria Lovina (area patung lumba-lumba). “Disana kami membuka stand informasi awal bagi para yachter peserta wonderful yang akan berlayar masuk ke Teluk Kumai,”bebernya.

Kata Tirta, Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, Kobar, tentu harus berbangga. Pasalnya tidak lama lagi kembali akan menyambut setIdaknya puluhan kapal yacht (kapal pesiar mini) peserta Wonderful Sail to Indonesia 2019.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *