Palangka Raya

Hari Pertama Masuk Kerja, Walikota Palangka Raya Sidak Kehadiran ASN

Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia : Sidak dilakukan sebagai bagian dari protap setiap kali aparatur sipil negara (ASN) usai menikmati masa liburan panjang lebaran.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Walikota Palangka Raya HM Riban Satia beserta sejumlah jajarannya menggelar inspeksi mendadak (sidak) dihari pertama masuk kerja,usai libur panjang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Sidak tersebut dilakukan sebagai bagian dari protap setiap kali aparatur sipil negara (ASN) usai menikmati masa liburan panjang lebaran.

“Sidak ini merupakan protap, namun bagusnya semua ASN lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya aktif turun di hari pertama kerja,”ungkap Riban, usai melakukan sidak, Kamis (21/6/2018).

Lanjut walikota mengatakan, secara umum setiap aparatur mengetahui ketentuan, bahkan manakala ASN usai menjalani libur lebaran, maka setelahnya sudah harus masuk kerja menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tadi saat apel dan halal bihalal kita pantau semua ASN aktif turun dan sudah saling bersala-salaman.Bahkan berdasarkan laporan setiap OPD masing-masing menyatakan ASN semua aktif jadi tidak ada masalah,”ujar Riban.

Kalaupun kata dia ada ASN yang tidak turun.maka sudah barang  tentu sebelumnya sudah ada mekanisme, seperti melalui perizinan yang diketahui OPD-OPD masing-masing.

Sementara tambah Riban, terkait kegiatan sidak yang dilakukan pihaknya  hari itu tidak lain hanya untuk  melihat terhadap pelaksanaan kinerja,termasuk kinerja dari instansi pelayanan.

“Perlu diketahui, mereka yang bertugas di pos atau tempat pelayanan, seperti rumah sakit, Puskesmas maupun Pustu jauh sebelumnya mereka telah stay. Liburnya hanya pada saat pelaksanaan lebaran yakni tanggal 15 dan 16. Sementara tanggal 17 dan seterusnya mereka kembali ke pos secara bergantian,”ujarnya lagi.

Dalam kondisi tersebut kata Riban, pihaknya memahami, namun karena ASN terutama mereka yang memang membidangi tugas seperti halnya pelayanan kesehatan, mau tidak mau harus menjalani karena sudah prosedural.

“Tadi kita sidak ke sejumlah Puskesmas, mereka ASN yang bertugas semuanya menyadari tupoksi untuk menjalani kerjanya itu, meskipun liburan yang harus dijalani sangat singkat,”tutur Riban.

Intinya sambung dia, kegiatan sidak yang dilakukan pihaknya lebih melihat sekaligus bertegur sapa serta bersalam-salaman dengan para ASN yang bertugas dalam menjalani aktivitas kembali seperti biasa.

Adapun dalam  sidak tersebut, rombongan waliota Palangka Raya, yang pertama mendatangi kantor Dinas Perikanan, kemudian dilanjutkan ke kantor Badan Penanaman Modal  dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Selanjutnya ke Puskesmas Menteng dan terakhir ke Puskesmas Pahandut.

Kegiatan sidak itu sendiri dibagi dalam tiga rombongan. Pertama rombongan yang dipimpin langsung walikota Palangka Raya, kemudian rombongan kedua di pimpin Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio dan terakhir rombongan Sekda Kota Palangka Raya Rojikinor,  dengan sasaran sidak ke instansi maupun OPD yang telah ditentukan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!