DPRD Gunung MasGunung MasHeadline

Yohanes CH Lambung Siap Jadi Kandidat Damang Kecamatan Rungan

“Apabila saya terpilih nanti, saya siap menyumbangkan tanah saya untuk pembangunan kantor kedamangan Kecamatan Rungan yang tanahnya berada di km 1 Jalan Cakra Alam Kelurahan Jakatan Raya,” pungkasnya.

FOTO : Yohanes CH Lambung.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Rungan bakal dilaksanakan 21 Oktober 2019 mendatang.

Salah satu tokoh masyarakat dan adat di sana menjadi kandidatnya. Dia adalah Yohanes CH Lambung atau lebih dikenal dengan Dedes.

Ia mengaku siap berkompetisi sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Rungan.

“Saya siap memperebutkan suara dari 13 desa dan 1 kelurahan dengan misi Siap Berkompetensi, Siap Menang dan Siap Bekerja,” ujarnya, Senin (7/9/2019).

Adapun visi misi yang diusung, yaitu mewujudkan kelembagaan adat kedemangan Kecamatan Rungan yang kokoh, profesional, aspiratif, berkualitas, bertanggungjawab, bermartabat dan falsafah Huma Betang (Belum Bahadat).

Ada enam poin misinya, yakni menegakan hukum adat Dayak secara adil dan merata, mensosialisasi dan membagikan pengetahuan tentang hukum adat Dayak kepada masyarakat adat dan kepada masyarakat pada umumnya terutama kepada generasi muda.

Mengatur tatanan kelembagaan dengan selalu mengedepankan kultur budaya dan kearifan lokal suku dayak ngaju. Menciptakan dan menjunjung tinggi kebersamaan serta keharmonisan antar suku, agama, ras di bumi Tambun Bungai, bumi Pancasila Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Lalu menjaga situs-situs adat budaya dan benda – benda keramat yang memiliki nilai-nilai sejarah adat budaya yang ada di wilayah hukum adat Dayak Kecamatan Rungan serta mengembangkannya guna destinasi wisata situs – situs adat budaya, benda – benda keramat yang bisa dikunjungi untuk umum,” sebutnya.

Poin terakhir, yaitu membangun infrastruktur fisik kedemangan yaitu berjuang agar damang memiliki kantor. Sebab kantor damang sampai saat ini masih meminjam eks Kantor kecamatan Rungan.

Putra asli Kecamatan Rungan itu menuturkan bahwa jika Ia terpilih sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Rungan, maka dirinya bakal menyumbangkan tanah ukuran 20 x 25 meter untuk pembangunan kantor Damang Kecamatan Rungan.

“Apabila saya terpilih nanti, saya siap menyumbangkan tanah saya untuk pembangunan kantor kedamangan Kecamatan Rungan yang tanahnya berada di km 1 Jalan Cakra Alam Kelurahan Jakatan Raya,” pungkasnya. (agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *