Gunung Mas

Pemdes Tumbang Habaon Anggarkan Rp20 Juta Untuk Pilkades

Kuala Kurun,GerakKalteng.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tumbang Habaon Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas, mengalokasikan anggaran untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebesar Rp 20 juta, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2018.

“Desa Tumbang Habaon rencananya akan melaksanakan Pilkades pada tanggal 31 Oktober 2018 mendatang. Sudah kita anggarkan sebesar Rp 20.080.000,- yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2018,” ucap Pj Kepala Desa (Kades) Tumbang Habaon, Enny Noor Hidayatie saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu (29/8/2018).

Ia mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk menjalankan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Desa. Diantaranya adalah pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas Linmas TPS, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Alat Tulis Kantor (ATK), fotocopy, makan minum saat rapat dan saat hari H, Petugas Pemuktakhiran Data Pemilih (PPDP), dokumentasi, dan kampanye.

Selain itu, ada juga beberapa kegiatan yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Diantaranya adalah honor dan bantuan transportasi untuk Panitia Pemilihan Desa, perlengkapan pemungutan suara seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, tinta, alat coblos, dan lainnya.

Untuk bakal calon (balon) kades, lanjutnya, ada lima orang yang mendaftar ke Panitia Pemilihan Desa. Saat ini, Panitia Pemilihan Desa sedang melakukan penelitian kelengkapan administrasi dan klarifikasi balon kades.

“Penetapan calon dan pengundian nomor urut akan dilakukan pada tanggal 5 September 2018 mendatang,” ungkapnya. (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!