DPRD KatinganKatingan

Pengurus FKUB Katingan Periode 2021 – 2025 Dikukuhkan

Pengukuhan ini berlangsung di Balai Basarah Hindu Kaharingan Jalan Soekarno-Hatta Kereng Batu.

Kasongan – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Kabupaten Katingan dikukuhkan oleh Bupati Katingan Sakariyas,  Rabu, (17/2/2021).

Pengukuhan ini berlangsung di Balai Basarah Hindu Kaharingan Jalan Soekarno-Hatta Kereng Batu.

Adapun pengurus FKUB yang dikukuhkan ini,  yakni Edy Rahmad Sosiawan dipercaya sebagai ketua, kemudian ada tiga wakil ketua masing-masing Pdt Rita Mariane,  Kundit U Djunas,  dan Stepanus Sugiarto.

Kemudian sekretaris Moh Qhusairi,  serta dua orang wakil sekretaris yakni Sarnadie D Uga dan Karlie.

Sementara 10 anggota lainnya,   masing-masing Sardinie,  Saprianor,  Sidie Duyak,  Burai Singapari,  Norifansyah,  Dxawidul Unggik, Neren,  Endang Susilawatie,  Durmini Angis dan Taufikurahman.

Selain Bupati Sakariyas,  hadir pada pengukuhan pengurus FKUB ini adalah Wakil Bupati Sunardi Litang, Wakapolres Katingan Kompol Arifin,  Pabung 1015 Kodim Sampit Mayor Inf Supriyanto dan sejumlah unsur FKPD lainnya.

“Saya menyambut gembira atas kegiatan ini dan berharap agar para pengurus dapat melaksanakan tugasnya sesuai yang telah diberikan oleh organisasi sehingga terwujud persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Katingan dapat terwujud,” kata Bupati Katingan Sakariyas saat memberikan pengantar sebelum mempersilahkan Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang membacakan sambutan Bupati Katingan.

Sementara Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang saat membacakan  sambutan Bupati Katingan  menyebutkan pemeliharaan kerukunan umat beragama adalah bagian terpenting dari pembinaan kerukunan nasional yang menjadi tanggungan jawab warga negara Republik Indonesia.

“Pemeliharaan kerukunan umat beragama adalah upaya bersama umat beragama dan Pemerintah, agar dapat terlaksana dengan baik diperlukan adanya suatu wadah di tingkat lokal untuk menghimpun para pemuka agama yang menjadi panutan masyarakat, wadahnya ini disebut Forum Kerukunan Umat Beragama,” kata Wabup Katingan.

Ditambahnkannya, wadah yang dibentuk ini  menjadi tempat bermusyawarah berbagai masalah keagamaan lingkup Kabupaten Katingan serta mencari solusinya. Serta bertugas melakukan dialog dengan pemuka agama dan masyarakat untuk menampung dan menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan melakukan sosialisasi peraturan perundang – undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan Goorge Heplin Edwar Doddy melaporkan proses pembentukan FKUB Kabupaten Katingan melalui mekanisme penjaringan calon anggota, kemudian pengusulan calon dari lembaga keagamaan yang dilakukan sampai kepada penetapannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!