Palangka Raya

Hadapi Karhutka, TSAK Bukit Tunggal Aktif Lakukan Latihan

PALANGKA RAYA,GK-Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) diharapkan mampu mempersiapakan diri, terutama senantiasa mengasah kemampuan personil, khususnya dalam melaksanakan tugas menghadapi musim kemarau. Seperti halnya TSAK yang dimiliki Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, terus menyiapkan tim profesional dengan melakukan latihan rutin penanggulangan kebakaran dilapangan.
Ketua TSAK Bukit Tunggal, Bimo Seno, mengatakan bahwa latihan tersebut adalah agenda rutinan yang dimiliki timnya, dimana latihan tersebut dimaksudkan agar seluruh anggota memiliki mental kuat saat menghadapi kebakaran lahan ataupun rumahdipemukiman warga.
“Kegiatan ini memang menjadi agenda rutin TSAK kelurahan, dimana dengan latihan ini mampu meningkatkan kemampuan anggota dan mengasah mental anggota. Dimana saat benar-benar terjadi bencana kebakaran, maka semua personil akan siap,” jelasnya usai latihan,kemarin.
Dalam latihan itu, lanjutnya, selain untuk mengasah kemampuan, disisi lain setiap personil dituntut mampu menguasai medan atau kondisi maupun wilayah, sehingga saat terjadi kebakaran tidak lagi kesulitan dalam mencari hal-hal yang dierlukan, itu karena masing-masing personil sudah menguasai wilayahnya.
“Personil TSAK harus mengetahui situasi dan kondisi wilayah. Salah satu contohnya saat terjadinya kebakaran tim tidak lagi kesulitan mencari sumber air, sehingga pencegahan kebakaran bisa cepat diatasi,”cetusnya pria yang berperawakan gembal ini.
Sementara itu, Lurah Bukit Tunggal, Heri Fauzi, mengaku bangga dengan apa yang dilakukan TSAK kelurahan yang ia pimpin. Sebab dengan seringnya berlatih kata dia, maka kedepan tim TSAK akan selau sigap dalam mengantisipasi kebakaran.
“Mungkin tidak lama lagi kita akan menghadapi musim kemarau, dan biasanya musibah kebakaran lahan dan hutan akan kerap terjadi. Salah satunya yang berada diwilayah Keluraha Bukit Tunggal ini karena wilayahnya masih banyak berupa hamparan tanah kosong bergambut. Maka dari itu dengan melihat kesigapan TSAK yang ada, kami yakin bisa mengantisipasi apabila terjadi kebakaran,”pungkasnya.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!